Bos Bappenas optimis pertumbuhan ekonomi Riau bisa lebih tinggi

Minggu, 5 November 2017 15:30 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Bambang Brodjonegoro di Rakortek. Salviah Ika©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro optimistis pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau bisa lebih tinggi lagi, dan mampu menurunkan tingkat pengangguran yang mencapai 5,76 persen per Februari 2017. Sebab, tingkat ketimpangan dan kemiskinan di wilayah tersebut tercatat lebih rendah.

Riau yang berada pada posisi strategis karena dilalui alur pelayaran Selat Malaka dan dekat dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura. Sehingga wilayah ini memiliki rasio gini di bawah rata-rata nasional, yakni sebesar 0,325 2017.

"Dasar pembangunan ekonomi Riau sudah benar, tinggal pekerjaan rumah yang dihadapi adalah bagaimana pemerintah dan dunia usaha di Riau dapat berpikir untuk mewujudkan pemerataan dan mengatasi ketimpangan sebagai bagian yang tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi berkelanjutan," kata Bambang melalui keterangan resminya, Minggu (5/11).

Dia menjelaskan, pemerataan pembangunan wilayah di Indonesia dapat dilakukan dengan alokasi anggaran dan distribusi sumber daya pada daerah yang tertinggal. Selain itu, untuk menghadapi tantangan pembangunan daerah, pemerintah akan mengembangkan kota-kota baru dan pusat-pusat produksi dan perdagangan.

Diperlukan penguatan keterkaitan antar wilayah untuk membangun dan memperkuat rantai industri produk unggulan berbasis sumber daya lokal. Seperti mengembangkan pusat-pusat penelitian dan inovasi, menyediakan prasarana dan sarana transportasi, informasi dan komunikasi, dan membangun pembangkit dan jaringan listrik, pengelolaan sumber air baku dan jaringan air bersih.

[azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.