Bos AirAsia berniat jadikan Bandara Silangit dan Banyuwangi sebagai hub

Senin, 19 Februari 2018 19:20 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Bos AirAsia berniat jadikan Bandara Silangit dan Banyuwangi sebagai hub Tony Fernandes. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, menggelar rapat bersama CEO AirAsia, Anthony Francis Fernandes di Kantornya, Senin (19/2). Menko Luhut mengungkapkan bahwa AirAsia tertarik untuk berinvestasi dan menjadikan Bandara Silangit menjadi Bandar Udara Pengumpul (Hub).

"Tony Fernandes dia mau investasi, mau bikin (bandara) Silangit jadi Bandara Hub," kata Menko Luhut.

Menko Luhut menjelaskan, nantinya Bandara Silangit akan menjadi bandara yang menghubungkan perjalanan dari berbagai negara. "Nanti dari India, Pakistan, Kuala lumpur, Singapura, China, Thailand jadi nanti bisa dibikin hub di situ terus kemudian nanti dikawinkan (sambungkan ke) Bangka Belitung, kemudian Kualanamu," ujarnya.

Selain itu, Menko Luhut mengatakan AirAsia juga ingin menambah beberapa rute dari Jakarta. "Terus dia mau buka juga Jakarta dia mau tambah."

Menko Luhut menyatakan proses tersebut akan segera dilaksanakan supaya Silangit sudah menjadi bandara hub saat gelaran pertemuan tahunan (annual meeting) International Monetary Fund (IMF) World Bank di Nusa Dua Bali pada Oktober mendatang. "Segera aja saya bilang. Pokoknya sebelum Annual Meeting IMF, jadi dia bilang 'iya sebelum itu jadi'."

Selain Silangit, yang siap menjadi hub adalah Bandara Banyuwangi. Nantinya, AirAsia akan bekerja sama dengan PT Angkasa Pura I atau Angkasa Pura II. "Dia (AirAsia) nanti jadi masuk situ dengan AP I atau II."

Sebagai informasi, Bandara Hub merupakan bandar udara yang mempunyai cakupan pelayanan yang luas dari berbagai bandar udara yang melayani penumpang dan atau kargo dalam jumlah besar dan mempengaruhi perkembangan ekonomi secara nasional atau berbagai provinsi. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini