Begini Syarat dan Prosedur untuk Masyarakat Berminat Beli ORI020

Minggu, 17 Oktober 2021 17:30 Reporter : Merdeka
Begini Syarat dan Prosedur untuk Masyarakat Berminat Beli ORI020 Utang. ©Shutterstock

Merdeka.com - Pemerintah telah menawarkan ORI020 sejak tanggal 4 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB. Penawaran ini akan segera berakhir pada tanggal 21 Oktober 2021 pukul 10.00 WIB.

Dikutip dari laman resmi Kemenkeu.go.id, yang diperbolehkan membeli ORI020 adalah individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di Kementerian Dalam Negeri c.q. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kendati demikian, pemerintah dapat melakukan penyesuaian atas Masa Penawaran ORI020 dengan terlebih dahulu mengumumkannya kepada publik. Artinya masa penawaran ORI020 bisa dipercepat penutupannya jika sudah memenuhi kuota.

Minimum pemesanan kupon ORI020 adalah Rp1 juta dan maksimum pemesanan Rp2 miliar, dengan jenis kupon tetap (fixed rate). Kupon yang ditawarkan untuk periode 4-21 Oktober 2021 ini sebesar 4,95 persen per tahun.

Bagi masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ORI020 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 27 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).

Mitra tersebut yaitu PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Permata Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

Kemudian, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Mega Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Panin Tbk, PT Bank DBS Indonesia, PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank UOB Indonesia, PT Bank Commonwealth, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Victoria International Tbk

Bisa juga melalui perusahaan efek, yaitu Trimegah Sekuritas Indonesia, BRI Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas dan Mandiri Sekuritas. Selanjutnya melalui perusahaan financial technology yaitu Bareksa, Investree, FUNDtastic+, Tanamduit, Koinworks, dan Modalku.

2 dari 2 halaman

Prosedur Pembelian

Adapun ketentuan dan Prosedur Pemesanan Pembelian:

a. Pemesanan Pembelian ORI020 dapat dilakukan setiap saat pada Hari Kalender selama Masa Penawaran.

b. Pemesanan Pembelian ORI020 dilakukan oleh calon Investor yang telah terdaftar (registered investor) pada Mitra Distribusi melalui Sistem Elektronik dengan menggunakan komputer dan/atau media elektronik lainnya yang terhubung dengan jaringan internet.

c. Calon Investor wajib terlebih dahulu membaca dan memahami Memorandum Informasi ini sebelum memutuskan untuk melakukan Pemesanan Pembelian ORI020.

d. Calon Investor melakukan Pemesanan Pembelian ORI020 dengan memasukkan data pemesanan melalui Sistem Elektronik pada Mitra Distribusi.

e. Setiap Pemesanan Pembelian ORI020 kemudian akan diteruskan secara real time dari Sistem Elektronik yang ada pada Mitra Distribusi ke Sistem Elektronik yang ada pada Kementerian Keuangan.

f. Sistem Elektronik pada Kementerian Keuangan akan melakukan verifikasi atas Pemesanan Pembelian ORI020 yang masuk terhadap ketersediaan kuota per seri penerbitan serta terhadap pemenuhan ketentuan mengenai batasan Transaksi Pembelian untuk setiap Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID). Proses verifikasi dilakukan berdasarkan urutan waktu (time priority) masuknya pemesanan ke dalam Sistem Elektronik pada Kementerian Keuangan.

Dengan demikian, calon Investor tidak dapat melanjutkan Pemesanan Pembelian ORI020 apabila kuota per seri penerbitan telah habis dan/atau Pemesanan Pembelian tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan pada Memorandum Informasi ini.

g. Calon Investor yang melakukan Pemesanan Pembelian ORI020 yang telah terverifikasi (verified order) akan memperoleh kode billing yang akan diinformasikan melalui Sistem Elektronik pada Mitra Distribusi dan/atau melalui surat elektronik (email) calon Investor yang terdaftar.

h. Setiap Pemesanan Pembelian ORI020 yang telah terverifikasi (verified order) akan mengurangi jumlah kuota pembelian maksimum ORI020 per individu.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Pemerintah Sebut SBN Ritel Investasi Aman dan Menguntungkan, ini Alasannya
Pemerintah Tawarkan SBN ORI020 untuk Tangani Pandemi Covid-19
Pemerintah Resmi Buka Penawaran ORI020, Ini Cara Belinya
Tembus Hingga Rp96 T, ini Penyebab Right Issue BRI Posisi 3 Terbesar Asia
Pemerintah Serap Rp12 Triliun dari Lelang 7 Seri SUN
Pemerintah Beri Keringanan PPh Bunga Obligasi WP Dalam Negeri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini