Bandara Kertajati Sepi, Menhub Cari Cara Untuk Pengembangan

Sabtu, 6 April 2019 17:53 Reporter : Merdeka
Bandara Kertajati Sepi, Menhub Cari Cara Untuk Pengembangan Bandara Kertajati. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Bandara Kertajati yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat hingga saat ini masih sepi penumpang. Tingkat okupansi bandara ini dikabarkan masih berada di bawah 30 persen.

Menanggapi hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku akan mencari cara untuk mengembangkan bandara tersebut agar dapat beroperasi secara maksimal.

"Nanti kita kembangkan (bandara Kertajati)," ujarnya singkat di Way Kanan, Sabtu (6/4).

Jika menilik ke belakang, pembangunan bandara Kertajati sebenarnya merupakan inisiasi pengusaha dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat yang berharap agar ada bandara di Jawa Barat bagian utara.

Ide membangun bandara ini sudah muncul sejak 2003 lalu, namun baru terealisasi dengan groundbreaking pada tahun 2016. Prosesnya memakan biaya sekitar Rp 2,6 triliun yang sumbernya tidak hanya dari APBN, namun dari skema kemitraan pemerintah dan swasta.

Diketahui saat ini, dari 11 rute yang direncanakan, hanya ada satu yang beroperasi. Pemerintah akan terus melakukan upaya peningkatan okupansi bandara, salah satunya dengan memerintahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memanfaatkan bandara Kertajati dalam perjalanan dinas.

Reporter: Athika Rahma [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bandara Kertajati
  3. Menteri Perhubungan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini