Asosiasi Dorong Pelaku Bisnis Waralaba Manfaatkan Teknologi

Jumat, 5 Juli 2019 15:30 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Asosiasi Dorong Pelaku Bisnis Waralaba Manfaatkan Teknologi Waralaba White Cincau. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Andrew Nugroho mengungkapkan, pelaku usaha waralaba sudah sepatutnya beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Sebab, teknologi sudah menjadi kebutuhan utama dalam persaingan bisnis.

"Menurut saya untuk semua jenis usaha harus beradaptasi (dengan perkembangan teknologi). Karena itu sudah kebutuhan utama," ujar dia, di JCC, Jakarta, Jumat (5/7).

"Jadi meskipun jualannya cuma kue, semuanya harus beradaptasi dengan teknologi yang sekarang ini," sambungnya.

Dia pun menegaskan bahwa pelaku bisnis waralaba yang bernaung di bawah AFI telah komit untuk menyelaraskan bisnis dengan perkembangan teknologi. Meskipun memang dalam implementasi diperlukan proses.

"Semua siap. Semua mau. Cuma kan tidak bisa langsung. Jadi mungkin yang punya rumah makan kecil dia sudah mulai pakai apps, sudah mulai bisa order online melalui online delivery. Semua mau ikut cuma memang tidak bisa langsung 100 persen high tech kan nggak bisa," jelasnya.

Salah satu contoh, kata dia, sejumlah anggota pelaku usaha waralaba sudah mulai menerapkan pembayaran dengan digital. "(Pembayaran online) Indonesia tidak ketinggalan. Bisa bayar pakai lewat mobile. Sudah ada kok," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini