Syarat Penting Waralaba Indonesia Bisa Tembus Pasar Dunia

Jumat, 5 Juli 2019 15:18 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Syarat Penting Waralaba Indonesia Bisa Tembus Pasar Dunia Alfamart. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Andrew Nugroho membeberkan syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku bisnis waralaba Indonesia untuk bisa menembus pasar internasional. Syarat pertama dan paling penting yaitu kesolidan manajemen

"Memang banyak bisnis Franchise Indonesia masih lemah di manajemen," kata dia, saat ditemui, di JCC, Jakarta, Jumat (5/7).

Dia menegaskan, tanpa manajemen yang bagus, tentu bisnis waralaba akan kesulitan untuk melebarkan sayap dan bertahan di tengah persaingan.

"Meskipun mereka punya konsep produk ide-ide marketing yang bagus, tapi di belakang itu manajemennya masih kurang kuat.

"Itu mereka perlu kuatkan dulu. seperti manajemen sumber daya manusia nya, quality control-nya, itu mereka harus perbaiki baru mereka bisa siap ke luar negeri,"

Dia bahkan mengatakan, manajemen yang baik seharusnya lebih diutamakan dalam mengembangkan bisnis waralaba dibandingkan jika hanya mengandalkan kekuatan modal semata.

"Sebenarnya bukan masalah modalnya kalau menurut saya. Masalah bagusnya manajemen perusahaan itu. Karena seorang yang mau bikin bisnis franchise, dia harus siap mendukung franchise-franchisenya itu," tegas dia.

Terkait peran pemerintah, tambah Andrew, sejauh ini pemerintah sudah cukup berperan dalam mendukung perkembangan bisnis waralaba. Dukungan dalam bentuk perizinan dan pendampingan pada pelaku usaha.

"(Dukungan pemerintah) Bagus. Mereka kan memberikan perizinan supaya resmi semua. Terus mereka ada program-program pelatihan. Lalu acara seperti pameran IFRA ini mereka juga mendukung," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini