AirAsia Masih Terapkan Bagasi Gratis Untuk Penerbangan Domestik

Jumat, 11 Januari 2019 12:10 Reporter : Merdeka
AirAsia Masih Terapkan Bagasi Gratis Untuk Penerbangan Domestik Pesawat Air Asia. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia telah menerapkan ketentuan bagasi berbayar untuk penerbangan domestik, yakni Lion Air Group dan Citilink Indonesia. Meski demikian, maskapai penerbangan Air Asia nampaknya tetap menerapkan bagasi gratis untuk penerbangan domestik.

CEO Grup AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, meski AirAsia Indonesia dengan tiga maskapai tersebut masuk dalam kategori Low Cost Carrier (LCC), namun AirAsia tetap memberlakukan bagasi cuma-cuma untuk penerbangan domestik sebesar 15 kg.

"Mengenai bagasi, kami mengikuti peraturan yang berlaku. Sejauh ini kebijakan mengenai bagasi kami masih tetap sama, di mana untuk penerbangan domestik harga tiket yang dibayarkan sudah termasuk bagasi tercatat gratis 15kg," kata Dendy kepada Liputan6.com, Jumat (11/1).

Namun, pihaknya juga memberikan keleluasaan kepada pelanggan jika ingin meng-upgrade kapasitas bagasinya sesuai kebutuhan, mulai dari 20, 25, 30, hingga 40kg dengan tarif yang sesuai dengan kapasitas masing-masing.

"Sementara untuk penerbangan internasional, kami sudah sejak lama menerapkan kebijakan bagasi tercatat berbayar," tegasnya.

Sebelumnya, Lion Air dan Wings Air per 8 Januari 2018 menghapus kebijakan bagasi gratis. Para penumpang yang membawa bagasi akan dikenakan biaya tambahan yang harus dibayar sebelum keberangkatan. Biaya tambahan bagasi ini bisa dibeli para penumpang maksimal 6 jam sebelum keberangkatan.

Sementara itu, Citilink Indonesia menyatakan juga akan memberlakukan ketentuan baru untuk penumpangnya yang hendak bepergian dengan membawa bagasi tercatat pada rute-rute penerbangan domestik.

Hanya saja saat ini, manajemen Citilink Indonesia sedang melakukan koordinasi dengan stakeholders baik external (termasuk otoritas) maupun internal guna mempersiapkan seluruh infrastruktur pendukung yang diperlukan bagi pelaksanaan ketentuan bagasi tercatat yang baru ini mulai dari SOP hingga kesiapan SDM, serta sosialisasi kepada masyarakat.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini