4 Fakta Tentang Sejarah Pesawat Merpati

Selasa, 13 November 2018 06:45 Reporter : Syifa Hanifah
4 Fakta Tentang Sejarah Pesawat Merpati Merpati. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Di masa kejayaannya maskapai Merpati andalan transportasi udara Indonesia, Merpati selalu menghiasi langit Nusantara. Maskapai plat merah melakukan penerbangan domestik sampai internasional.

Namun karena terlilit utang dan bangkrut di tahun 2014 maskapai ini terpaksa berhenti beroperasi dan menjual semua asetnya demi menyelamatkan Merpati. Namun Merpati siap bangkit dan mengudara kembali setelah mendapatkan suntikan dana.

Berikut ini fakta sejarah maskapai Merpati yang berhenti mengudara karena terlilit utang:

1 dari 4 halaman

Maskapai Milik BUMN

Merpati Airlines. ©Liputan6.com

Merpati Nusantara Airlines adalah salah satu maskapai penerbangan nasional yang sahamnya dimiliki sebagian besar oleh pemerintah Indonesia. Berdiri pada tahun 1962, Merpati memiliki pusat operasi di Jakarta, Indonesia.

Tahun 1971 Pemerintah menaruh kepercayaan kepada Merpati, dan berdasarkan Peraturan Pemerintah No.70 status Merpati dialihkan dari perusahaan negara (PN) menjadi Persero yakni PT. Merpati Nusantara Airlines. Merpati sendiri memiliki armada mencapai 100 buah. Pada tahun 1991, dibangunlah pusat perawatan pesawat Merpati MMF (merpati Maintenance Facility) di bandara Juanda Surabaya.

2 dari 4 halaman

Menguasai Penerbangan Domestik dan Internasional

Merpati. ©2013 Merdeka.com

Maskapai ini mengoperasikan jadwal penerbangan domestik dan juga internasional ke daerah Timor Timur dari pusatnya di bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tahun 1976 Merpati membantu pengembangan pariwisata dengan melakukan penerbangan borongan internasional. Seperti Manila Denpasar, Los Angles -Denpasar menggunakan Boeing 707.

Kemudian dari tahun 1975 hingga 1977 Merpati melancarkan operasi dalam skala besar dengan mengambil bagian dalam penerbangan haji dan penerbangan transmigrasi. Namun pada tahun 1978 penerbangan rute tersebut dihentikan dan Merpati fokus melayani penerbangan perintis, menerbangi penerbangan lintas batas, menerbangi penerbangan transmigrasi, melayani penerbangan borongan domestik dan internasional.

3 dari 4 halaman

Bangkrut Karena Terlilit Utang

Merpati. ©2013 Merdeka.com

Masa kejayaan maskapai pelat merah ini harus berakhir, tercatat pada 1 Februari 2014 Merpati menangguhkan seluruh penerbangan dikarenakan masalah keuangan yang bersumber dari berbagai utang, tercatat Merpati terjerat utang hingga Rp 7,3 triliun. Pemerintah, melalui Menteri BUMN Dahlan Iskan saat itu mengklaim sudah berusaha mencari jalan keluar dengan kemungkinan menjual aset.

Aset yang dijual yakni Merpati Maintenance Facility (MMF), tak juga dapat menyelamatkan maskapai penerbangan pelat merah itu. Sampai akhirnya pemerintah menyerah dan tak punya cara untuk menyelamatkan maskapai nasional tersebut. "Saya sudah mencoba dan tidak dapat jalan keluarnya, bisa dikatakan sekarang buntu," ujar Dahlan beberapa waktu lalu.

4 dari 4 halaman

Merpati Siap Mengudara Lagi

Merpati. ©2013 Merdeka.com

Setelah berhenti beroperasi, Merpati dikabarkan akan kembali mengudara pada 2019 setelah mendapatkan suntikan dana mencapai Rp 6,4 triliun dari Intra Asia Corpora. Intra Asia Corpora adalah investor dalam negeri ini terafiliasi dengan Asuransi Intra Asia dan PT Cipendawa.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah siap mendukung jika Merpati ingin terbang, namun dengan syarat harus memperoleh modalitas yang kredibel. "Kalau seandainya mereka memiliki modalitas yang kredibel kita siap mendukung secara baik, karena buat pemerintah kan akhirnya. Juga perusahaan itu kalau pun sekarang bangkrut kita juga cuma mendapatkan sisa sisa dari pinjaman yang sudah disalurkan dan tidak bisa dikembalikan," ujarnya. [has]

Baca juga:
Menengok Jatuh Bangun Merpati Bangkit Dari Kubur Hingga Siap Terbang di 2019
Sri Mulyani Siap Dukung Merpati Airlines Terbang Lagi, Ini Syaratnya
Investor dalam negeri niat beli Merpati Airlines
Merpati Airlines Dapat Suntikan Dana Rp 6,4 triliun
Kembali Beroperasi 2019, Merpati Airlines Gunakan Pesawat Buatan Rusia

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini