4 Bukti Singapura sangat berarti untuk ekonomi Indonesia

Selasa, 21 Maret 2017 06:00 Reporter : Saugy Riyandi
Ilustrasi Singapura. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/2nix Studio

Merdeka.com - Singapura memiliki arti penting untuk ekonomi Indonesia. Negara Singa ini mampu membuat ekonomi Indonesia bergeliat.

Mulai dari investasi hingga pemberi utang terbesar berasal dari Singapura. Negara yang terletak di Semenanjung Malaya ini memiliki luas 716 kilometer persegi.

Presiden Joko Widodo pun mengakui Indonesia tak bisa terlepas dari Singapura. Jokowi menjelaskan saat ini Indonesia terus melakukan reformasi ekonomi dan hukum dalam meningkatkan daya saing bangsa.

"Dalam pertemuan ini saya juga telah jelaskan mengenai reformasi ekonomi dan juga hukum yang akan terus dilakukan oleh Indonesia agar ekonomi kita lebih kompetitif," kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong.

Presiden Jokowi mengatakan, secara umum pertemuan bilateral dengan PM Lee berlangsung produktif dan terbuka. "Dan dalam pertemuan tersebut kita sepakat untuk terus melaksanakan kerja sama ekonomi," katanya.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Singapura merupakan salah satu mitra utama Indonesia di bidang perdagangan dan investasi. Meski di tengah kelesuan ekonomi dunia, Singapura masih menunjukkan peningkatan investasi yang sangat tinggi.

"Dari Januari hingga September 2016 investasi Singapura ke Indonesia mencapai USD 7,1 miliar dolar mengalami mengalami kenaikan 44 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," katanya.

PM Lee mengatakan Presiden Jokowi dan dirinya melakukan Leadership Retreat bersama untuk pertama kalinya yang dianggapnya sebagai peluang yang baik bagi kedua negara untuk mendiskusikan tentang peningkatan kerja sama.

"Indonesia merupakan mitra dan tetangga dekat kami. Dan pertemuan ini menjadi kesempatan yang baik untuk kami mendiskusikan bagaimana untuk meningkatkan kerja sama. Hubungan bilateral kedua negara dalam kondisi yang baik," kata Lee.

Ini 4 bukti Singapura sangat berarti untuk ekonomi Indonesia:

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.