3 Pekerjaan Rumah Bidang Ekonomi Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

Kamis, 17 Oktober 2019 19:56 Reporter : Dwi Aditya Putra
3 Pekerjaan Rumah Bidang Ekonomi Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin Emil Salim. ©2018 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Ekonom Senior, Emil Salim, memberikan catatan penting untuk para menteri Kabinet Jokowi periode II. Menurutnya, setidaknya ada tiga hal pekerjaan rumah pemerintah mendatang yakni perbaikan sumber daya manusia (SDM), keluar dari jebakan negara berpendapatan kelas menengah (middle income trap), dan juga kesetaraan ekonomi di wilayah Barat dan Timur Indonesia.

"Jadi tiga hal, SDM, lalu keluar dari middle income trap. Ketiga, menuju keseimbangan ekonomi yang lebih baik antara Indonesia barat dan timur," jelasnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (17/10).

Dari ketiga hal tersebut, memang yang menjadi tugas berat pemerintah selanjutnya adalah pengembangan SDM. Sebab, SDM sangat diperlukan dalam membangun industri yang memiliki nilai tambah.

"Kata kuncinya kan SDM, jadi untuk beralih dari bahan mentah ke proses industri adalah kemampuan produktivitas manusia. Dan itu SDM-nya. Tapi arah yang Bapak Jokowi tetapkan, mengutamakan SDM, saya kira tepat," terang Emil

Maka dari itu, dia meminta agar para pembantu Presiden Jokowi selanjutnya dapat bekerja secara tim dan mendukung penuh visi misi presiden pada periode 2019-2024 mendatang.

Elim mengibaratkan, kekuatan para menteri Jokowi selanjutnya bisa seperti laiknya tim sepak bola. Di mana, para pemainnya harus bekerja keras dan mengedepankan kekompakan untuk mencapai kemenangan.

"Yang penting tim, kesatuan tim, jadi bisa mendukung bapak presiden di dalam bekerja seperti kesebelasan sepak bola itu. Jadi bisa memilih teman-teman yang bisa satu sama lain itu bermain cantik dan tidak bermain sendiri-sendiri dan kesebelasan tim yang tanggung menjamin menangnya tim kesebelasan sepak bola atau menangnya kabinet," kata Elim. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini