26 Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Bakal Dipasang di Mal dan Fasilitas Umumnya

Rabu, 9 Oktober 2019 19:41 Reporter : Merdeka
26 Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Bakal Dipasang di Mal dan Fasilitas Umumnya Mobil listrik. ©2013 merdeka.com/idris rusadi putra

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) akan mengoperasikan 26 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang akan ditempatkan pada pusat perbelanjaan dan fasilitas umum di Jakarta‎. Hal ini untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air.

General ‎Manager PLN Disjaya, M Ikhsan Asaad mengatakan, 26 SPKLU yang dibangun PLN Disjaya terdiri dari 22 unit SPKLU pengisian normal, 3 unit pengisian cepat dan 1 unit pengisian sangat cepat. Rencananya, akan dioperasikan pada 27 Oktober 2019.

"Kita mulai SPKLU 27 Oktober ini. Kita akan launching besar-besaran. Tadi ada 22 charging station, 3 fast charging, 1 ultra fast charging‎," kata Ikhsan, di Jakarta, Rabu (9/10).

Menurut Ikhsan, SPKLU akan ditempatkan pada pusat perbelanjaan dan ‎fasilitas umum di Jakarta. Biaya yang dikeluarkan untuk investasi pengadaan 3 unit SPKLU pengisian daya cepat dan 1 unit pengisian daya sangat cepat sebesar Rp 6 miliar, uang tersebut berasal dari kas internal PLN Disjaya.

‎"Normal charging di mal-mal. kalo di mal tidak usah cepat-cepat lah. orang-orang kan di mal 2-3 jam," tuturnya.

Ikhsan mengungkapkan, PLN juga sudah membuka‎ kesempatan bagi pihak swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk ikut berbisnis menjual listrik melalui SPKLU.

Ikhsan mengungkapkan, dengan pengoperasian SPKLU, PLN Disjaya ‎siap menyukseskan ajang balap mobil listrik E-Formulla di Jakarta, untuk pasokan listrik Jakarta pun sudah mampu memenuhi kebutuhan listriknya.

"Tapi secara kapasitas kita cukup, lebih dari cukup, di Jakarta," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Mobil Listrik
  2. PLN
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini