2019, kereta bandara Soekarno-Hatta melayani sampai Stasiun Manggarai

Senin, 26 Maret 2018 18:54 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
2019, kereta bandara Soekarno-Hatta melayani sampai Stasiun Manggarai Fasilitas nyaman kereta bandara. ©2017 merdeka.com/iqbal s nugroho

Merdeka.com - Kereta api Bandara Soekarno-Hatta direncanakan melewati Stasiun Manggarai pada awal 2019. Saat ini, kereta bandara baru bisa diakses dari Stasiun Sudirman Baru karena masih dilakukan pembangunan jalur rel dwi ganda (double double track) di Stasiun Manggarai.

"Awal 2019 manggarai bisa untuk KA bandara," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (26/3).

Zulfikri menjelaskan terdapat dua tahap pengerjaan jalur dwi ganda yang melintas di Stasiun Manggarai, yaitu Fase I dan Fase II.

Fase I, yaitu penyelesaian jalur dwi ganda dari Kranji sampai Manggarai, modernisasi beberapa stasiun, salah satunya Stasiun Manggarai yang ditargetkan akhir tahun ini selesai. "Nanti 'Central Line' dan 'Bekasi Line' terpisah jalurnya, sehingga 'bottleneck' kita atasi. Fase pertama ini sampai akhir 2019," katanya.

Sementara itu, Fase II yaitu penyelesaian jalur dwi ganda dari Bekasi hingga Manggarai serta penyelesaian pembangunan beberapa stasiun di Bekasi.

Dia menyebutkan penyelesaian Fase II ditargetkan pada 2022, namun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta dipercepat hingga 2020 harus sudah selesai.

"Pak Menteri maunya 2020 karena biar penumpang KRL kapasitasnya naik karena yang sekarang sudah full. 'Double-double track' beroperasi dan pemisahan jalur KA jarak jauh dan komuter bisa dilakukan dari Bekasi sampai Manggarai, terus KA jarak jauh bisa berakhir di Manggarai," katanya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini