Rekonsiliasi Adalah Bentuk Pemecahan Konflik, Ketahui Prinsip Hingga Syaratnya

Sabtu, 14 November 2020 08:17 Reporter : Mutia Anggraini
Rekonsiliasi Adalah Bentuk Pemecahan Konflik, Ketahui Prinsip Hingga Syaratnya ilustrasi konflik. © leaderchat.com

Merdeka.com - Rekonsiliasi merupakan salah satu jenis penyelesaian dalam konflik. Konflik sendiri merupakan suatu hal yang biasa terjadi saat terjadi interaksi, baik sesame individu maupun antar kelompok.

Biasanya, konflik tersebut seringkali dianggap sebagai sesuatu yang mampu memecah belah beberapa pihak yang terlibat di dalamnya. Namun, dalam ilmu sosiologi, konflik tersebut tidak selamanya dianggap sebagai sesuatu yang buruk atau negatif.

Sebaliknya, terjadinya suatu konflik dalam sebuah masyarakat justru dapat menimbulkan sejumlah dampak positif untuk keberlangsungan hidup bermasyarakat. Hal tersebut tercermin dari adanya dua kategori pemecahan suatu konflik yakni secara positif dan negatif.

Salah satu kategori pemecahan masalah secara positif yakni rekonsiliasi. Secara tidak langsung, pemecahan konflik secara positif tersebut cenderung menghindari pertikaian ataupun kekerasan yang justru dapat memicu timbulnya masalah baru di dalam suatu masyarakat.

Lantas apa sebenarnya yang disebut sebagai rekonsiliasi tersebut? Simak penjelasan selengkapnya seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Baca Selanjutnya: Konsep Rekonsiliasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini