Mengetahui Keutamaan Sholat Witir dan Tata Caranya, Lengkap Disertai Bacaannya

Senin, 22 November 2021 10:17 Reporter : Mutia Anggraini
Mengetahui Keutamaan Sholat Witir dan Tata Caranya, Lengkap Disertai Bacaannya ilustrasi sholat. qamarislamkhan.com

Merdeka.com - Sebagai umat Islam, mengetahui keutamaan sholat witir merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sholat witir adalah salah satu ibadah yang memiliki hukum sunnah.

Meski termasuk sunnah, namun sholat witir merupakan ibadah yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW semasa hidup. Beliau biasanya mengerjakan sholat sunnah ini sebagaimana hadits dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu sebagai berikut,

"Witir bukan keharusan seperti sholat wajib kalian, akan tetapi ia adalah sunnah yang biasa dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam." (HR. An Nasa’i dan Tirmidzi; shahih lighairihi).

Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menutup setiap sholat malam dengan mengerjakan sholat witir. Selain bernilai pahala, ada banyak keutamaan sholat witir bagi seorang muslim yang dapat mengerjakannya.

Melansir dari berbagai sumber, Senin (22/11/2021), berikut ulasan selengkapnya mengenai keutamaan sholat witir beserta tata cara hingga bacaan doanya.

2 dari 7 halaman

Keutamaan Sholat Witir

1. Disaksikan Malaikat

Keutamaan sholat witir yang pertama yakni disaksikan malaikat secara langsung. Hal ini menunjukkan betapa sholat witir yang dikerjakan pada malam hari begitu istimewa di hadapan para malaikat. Berikut bunyi hadis mengenai hal tersebut,

"Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama)." Abu Mu’awiyah berkata; "Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat)." (HR. Muslim).

2. Dicintai Allah SWT

Selain itu, keutamaan sholat witir yang berikutnya adalah menjadi umat yang dicintai Allah SWT. Dari Ali bin Abi Thalib, mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut,

"Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli Alquran." (HR. Bukhari dan Muslim)

3 dari 7 halaman

3. Selalu Dikerjakan Rasulullah SAW

Sementara itu, keutamaan sholat witir yang selanjutnya yakni Rasulullah selalu mengerjakan ibadah sunnah yang satu ini. Hal itu disebut dalam sebuah hadis sebagaimana berikut ini,

"Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan shalat Dhuha 2 raka’at dan shalat witir sebelum aku tidur." (HR. Bukhari)

ilustrasi sholat
islam-today.ru

4. Penyempurna Sholat Malam

Keutamaan sholat witir yang berikutnya adalah sebagai penyempurna serta penutup sholat malam. Sholat witir yang dikerjakan secara ganjil merupakan ibadah yang akan bernilai sempurna jika seorang muslim telah mengerjakan sholat malam sebelumnya. Adapun sebuah hadis yang menunjukkan keutamaan tersebut yakni berbunyi sebagai berikut,

"Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat Witir." (HR. Bukhari Muslim)

5. Waktu Mustajab untuk Berdoa

Selain itu, keutamaan sholat witir yang lain adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sebab, malam hari setelah menunaikan sholat witir, maka jiwa akan terasa lebih dekat dengan Allah SWT. Saat itu, Allah akan mendengar segala keluh kesah dan harapan umat-Nya.

4 dari 7 halaman

Tata Cara Sholat Witir

Pada dasarnya, tata cara sholat witir sama halnya dengan gerakan sholat pada umumnya. Namun, terdapat beberapa perbedaan mendasar yakni terletak pada jumlah rakaatnya yang harus selalu ganjil, bacaan niat, serta bacaan surat di setiap rakaatnya.

Berikut beberapa anjuran bacaan surat dalam sholat witir yang dilansir dari laman NU Online,

  • Satu rakaat, maka membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Nas setelah membaca surat al-Fatihah.
  • Tiga rakaat, maka membaca surat al-A’la pada rakaat pertama, membaca surat Al-Kafirun pada rakaat kedua, dan membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Nas pada rakaat yang ketiga.
  • Lebih dari tiga rakaat, maka membaca surat Al-Qadr di setiap awal rakaat, dan membaca surat al-Kafirun pada rakaat yang kedua. Kesunnahan ini terus berlanjut mulai dari rakaat pertama sampai pada rakaat kedelapan. Sedangkan bacaan surat pada rakaat kesembilan mengikuti bacaan yang telah dijelaskan pada poin 2, yaitu membaca surat al-A’la pada rakaat kesembilan, membaca surat al-Kafirun pada rakaat kesepuluh, dan membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas pada rakaat kesebelas.
5 dari 7 halaman

Bacaan Sholat Witir

ilustrasi sholat
©2021 Merdeka.com/pexels-thirdman 

Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat

"Ushallii sunnatal witri rak'atal lillaahhi ta'aalaa."

Artinya:

"Aku niat shalat sunnat witir satu rakaat karena Allah ta'ala".


Bacaan Niat Sholat Witir 2 Rakaat

"Ushallii sunnatam minal witri rak'ataini lillaahhi ta'aalaa."

Artinya:

"Aku niat shalat sunnah witir 2 rakaat karena Allah ta'ala".

6 dari 7 halaman

Doa Setelah Sholat Witir Sendiri

"Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a'aninnaasi.

allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihiajma'iina, walhamdulillaahirabbil'aalamiina."

Artinya:

"Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

"Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

7 dari 7 halaman

Doa Setelah Sholat Witir Berjamaah

ilustrasi sholat
©2020 Merdeka.com

"Subhanal malikil qudduus (3x),

subbuhun quddusun rabbunaa wa rabbul malaa-ikati warruuh, allahumma inni a'udzu bi ridhaoka min sakhotik wa bi mu'afaatika min 'uqubatik, wa a'udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an 'alaik, anta kamaa atsnaita 'ala nafsik."

Artinya:

"Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan, Maha suci lagi Quddus Tuhan kami, Tuhan para malaikat, dan malaikat Jibril, Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri."

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini