Manfaat Memakai Air Mawar Sebelum Tidur, Perhatikan Penggunaan yang Benar

Senin, 3 Januari 2022 10:09 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Manfaat Memakai Air Mawar Sebelum Tidur, Perhatikan Penggunaan yang Benar Ilustrasi air mawar. ©Shutterstock

Merdeka.com - Manfaat memakai air mawar sebelum tidur disebut bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit. Air bunga mawar ini sering kali terdapat di dalam produk perawatan wajah seperti toner, micellar water atau pelembap.

Air bunga mawar juga sangat cocok digunakan untuk kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kusam, elastisitas kulit berkurang, munculnya noda-noda hitam dan muncul keriput. Air mawar diketahui memiliki efek antibakteri, antiseptik, dan antivirus, serta mampu mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meski memiliki banyak manfaat, kita juga perlu mengetahui efek samping yang mungkin terjadi. Penggunaan bahan alami ini tetap dapat berisiko adanya reaksi alergi atau hipersensitivitas.

Pada kondisi tertentu, seperti kulit yang sensitif atau alergi terhadap kandungan air mawar sebaiknya penggunaannya dihentikan. Simak ulasannya dilansir hellosehat dan berbagai sumber, Senin (3/1/2022):

2 dari 5 halaman

Air Mawar untuk Wajah

Air mawar atau rose water merupakan bahan utama yang banyak digunakan di berbagai produk kecantikan. Air mawar telah banyak digunakan selama ribuan tahun sebagai ramuan tradisional untuk produk kecantikan.

Air mawar dibuat dengan cara melakukan penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.

Air mawar mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat karena efek relaksasinya pada kulit. Sifat dari air mawar sendiri yang anti inflamasi juga akan meredakan efek ruam atau peradangan pada kulit.

Selain itu, air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin ini dapar bekerja dengan baik di kulit wajah sebagai antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

1. Toner wajah alami
 
Air mawar kini memang banyak ditemukan sebagai bahan dasar pembuatan toner wajah. Toner yang dibuat menggunakan ekstrak mawar akan memberikan efek menyegarkan pada kulit. Anda bisa menuangkan air mawar pada kapas, lalu tepuk-tepuk pada permukaan wajah Anda. Lakukan cara ini sebelum tidur secara rutin.
 
2. Mencegah munculnya jerawat
 
Kandungan antiseptik di dalam air mawar sangat berguna untuk membasmi bakteri yang sangat rentan pada kulit berjerawat. Gunakan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare. Dengan cara yang sama, lakukan juga di malam hari.

3. Mencerahkan kulit wajah
 
Manfaat air mawar lainnya adalah untuk mencerahkan kulit. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin A dan E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah. Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.
 
4. Mencegah penuaan dini
 
Formula lain dari air mawar yang bisa diandalkan adalah rose hip seeds. Zat ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Nutrisi yang meresap ke dalam kulit, mampu meminimalisir munculnya garis halus dan kerutan di wajah sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.
 
5. Meredakan peradangan pada kulit
 
Air mawar memiliki sifat inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, ataupun masalah kulit lainnya.
 
Air mawar juga disebut bisa membantu mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori.

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Air Mawar

ilustrasi air mawar©Shutterstock

1. Gunakan untuk Kompres Wajah

Gunakan air mawar sebagai pengompres wajah, dengan cara membasahi kapas dan menempelkan pada bagian wajah yang kemerahan.

2. Gunakan sebagai Face Mist

Air mawar juga bisa digunaka sebagai face mist dengan cara menyemprotkan air mawar ke wajah yang kering, atau semprotkan ke wajah pada saat menggunakan mud mask.

3. Gunakan sebagai Toner

Air mawar bisa digunakan sebagai toner, yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan sisa kotoran di wajah, mengangkat komedo dan membuat kulit tampak lebih cerah.

4. Gunakan untuk Membuat Masker

Cara terakhir menggunakan air mawar adalah untuk campuran membuat masker. Air mawar bisa diteteskan pada bubuk masker atau scrub, agar formula masker lebih lembut dan tidak kasar.

5 dari 5 halaman

Efek Samping Air Mawar

Meski memiliki segudag manfaat, air mawar ternyata juga memiliki efek samping pada beberapa orang. Dalam beberapa kasus, seseorang dapat memiliki reaksi terhadap air mawar karena sensitivitas tertentu dan seringkali tidak diketahui terhadap produk tersebut.

Pada kondisi tertentu seperti kulit yang sensitif atau alergi terhadap kandungan air mawar sebaiknya penggunaannya dihentikan. Seseorang yang memiliki kulit sensitif bisa merasakan kulit serasa terbakar, kemerahan, hingga iritasi.

ilustrasi air mawar©Shutterstock

Efek samping air mawar ditandai dengan reaksi alergi seperti kulit melepuh, merah, gatal-gatal, ruam, bengkak, kulit mengelupas tanpa atau dengan demam, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui tingkat sensitifitas kulit, Anda bisa mengoleskan produk berbahan dasar bunga mawar secara topikal dengan meletakkan sejumlah kecil di lengan terlebih dahulu sebagai tes awal. Jika tidak ada reaksi merugikan atau alergi dalam waktu 24 jam maka produk dapat diterapkan dengan aman di tempat lain di tubuh.


[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini