Manfaat Glucola, Berkhasiat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit yang Patut Diketahui

Senin, 15 Maret 2021 09:35 Reporter : Kurnia Azizah
Manfaat Glucola, Berkhasiat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit yang Patut Diketahui Ilustrasi kulit cantik. ©Shutterstock

Merdeka.com - Manfaat glucola kini tengah marak di kalangan wanita Indonesia, sebagai suplemen tambahan. Baik dalam bentuk serum perawatan kulit dan yang dikonsumsi sebagai minuman. Disebutkan bahwa glucola merupakan kombinasi dari glutathione dan kolagen, yang disinyalir baik untuk kesehatan kulit.

Meski sebenarnya, glucola sejak lama dijadikan sebagai perawatan prenatal rutin yang disediakan di Amerika Serikat. kebanyakan orang meminum "Glukola" sebagai bagian dari tes skrining sebelum mendiagnosis diabetes gestasional.

Sedangkan menurut dokter Liyadi dari Alodokter, glucola adalah minuman yang mengandung glukosa atau gula. Menurutnya, gunanya bukan untuk memutihkan kulit. Umumnya, glucola diberikan untuk memeriksa jika seseorang menderita diabetes.

Sehingga sebaiknya, tidak asal mengonsumsi atau menggunakan glucola sebelum berkonsultasi. Apalagi bagi penderita diabetes, dikhawatirkan akan memengaruhi kadar gula dalam tubuh. Pengonsumsiannya pun tetap harus berdasar resep ahli kesehatan.

Dilansir dari WebMD, glucola merupakan istilah untuk tes toleransi glukosa oral. Minuman cairan yang dimaniskan dengan cepat dan mengandung 50 gram glukosa. Tubuh menyerap glukosa ini dengan cepat, menyebabkan kadar glukosa darah meningkat dalam waktu 30 hingga 60 menit.

Oleh sebab itu, masih diperlukan penelitian lebih mendalam lagi terkait manfaat glucola untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kecuali jika yang Anda konsumsi, benar-benar glucola hasil kombinasi glutathione dan kolagen, berikut manfaat glucola. Baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Manfaat Glucola

012 siti rutmawati
©www.youtube.com/VetVid

Dikutip dari Cosmetics Design-Asia, glucola merupakan suplemen makanan baru yang mengandung kolagen dan glutathione. Menjanjikan untuk melawan penuaan kulit dan mencerahkan warna kulit. Banyak produk glucola yang ditujukan khusus untuk wanita Asia yang mencari cara untuk mencerahkan warna kulit.

Tambahan kolagen ikan digunakan dalam suplemen. Karena mengandung kolagen tipe I dan tipe III tingkat tinggi yang ditemukan di kulit. Bersamaan dengan kolagen, juga menambahkan vitamin C dan glutathione. Beberapa produk suplemen glucola ada yang menawarkan tamabahan vitamin A, B, C dan E, serta lidah buaya.

Sementara mengutip dari dr.Jengunter, glukola adalah nama umum yang digunakan untuk minuman manis. Biasanya diberikan oleh dokter, bidan, dan perawat praktisi pada pasien hamil untuk skrining diabetes. Skrining diabetes pada kehamilan dianjurkan karena gula darah tinggi dikaitkan dengan sejumlah hasil buruk bagi bayi dan ibu.

3 dari 4 halaman

Mengenal Glutathione dan Manfaatnya

ilustrasi kulit cantik©Shutterstock

Melansir dari Medical News Today, glutathione adalah antioksidan kuat. Ditemukan di setiap sel tubuh, yang terbuat dari tiga jenis molekul yang dikenal sebagai asam amino. Asam amino bergabung dalam pola yang berbeda untuk membuat semua protein di dalam tubuh.

Satu hal unik tentang glutathione adalah tubuh mampu membuatnya di hati, yang tidak berlaku bagi sebagian besar antioksidan. Glutathione memiliki banyak fungsi penting, termasuk di antaranya:

1. Mendukung fungsi kekebalan

2. Membentuk sel sperma

3. Memecah beberapa radikal bebas

4. Membantu fungsi enzim tertentu

5. Meregenerasi vitamin C dan E.

6. Mengangkut merkuri keluar dari otak

7. Membantu hati dan kantong empedu menangani lemak

8. Membantu kematian sel secara teratur (proses yang dikenal sebagai apoptosis)

9. Mencegah perkembangan kanker

10. Mengurangi kerusakan sel pada penyakit hati

11. Meningkatkan sensitivitas insulin

12. Mengurangi gejala penyakit Parkinson

13. Mengurangi kerusakan kolitis ulserativa.

14. Membuat DNA, bahan penyusun protein dan sel

milk thistle mengaktifkan produksi glutathione di dalam tubuhMilk thistle mengaktifkan produksi glutathione di dalam tubuh, medicalnewstoday.com ©2021 Merdeka.com

Para peneliti telah menemukan hubungan antara tingkat glutathione yang rendah dan beberapa penyakit. Tingkat glutathione dapat ditingkatkan melalui suplementasi oral atau intravena.

Pilihan lainnya adalah mengonsumsi suplemen yang mengaktifkan produksi glutathione alami dalam tubuh. Suplemen ini meliputi:

  • Milk thistle
  • Sistein N-asetil
  • Superoksida dismutase

Mengurangi paparan racun dan meningkatkan asupan makanan sehat. Juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kadar glutathione secara alami.

4 dari 4 halaman

Mengenal Kolagen dan Manfaatnya

Kolagen adalah protein paling banyak di tubuh manusia. Dilansir dari Healthline, kolagen memiliki berbagai peran penting, termasuk memberikan struktur pada kulit dan membantu pembekuan darah dalam penyembuhan luka.

ilustrasi kolagenilustrasi kolagen gundersenhealth.org

Dalam beberapa tahun terakhir, kolagen telah mendapatkan popularitas sebagai suplemen nutrisi dan bahan dalam sampo dan losion tubuh yang mujarab. Kolagen menjadi protein paling melimpah di tubuh. Terhitung sekitar sepertiga dari komposisi proteinnya.

Salah satu blok bangunan utama tulang, kulit, otot, tendon, dan ligamen. Kolagen juga ditemukan di banyak bagian tubuh lain, seperti pembuluh darah, kornea, dan gigi. Bisa dianggap sebagai "perekat" yang menyatukan semua hal ini. Seperti diktehaui, berasal dari kata Yunani "kolla," yang berarti lem.

Berikut beberapa manfaat kolagen yang baik untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Dapat meningkatkan kesehatan kulit

2. Membantu meredakan nyeri sendi

3. Bisa mencegah keropos tulang

4. Bisa meningkatkan massa otot

5. Meningkatkan kesehatan jantung

6. Meningkatkan kekuatan kuku dengan mencegah kerapuhan.

7. Merangsang rambut dan kuku untuk tumbuh lebih panjang.

8. Meningkatkan mood dan mengurangi gejala kecemasan.

9. Membantu menghaluskan kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Dengan kata lain, patutnya Anda cek kembali produk glukola sebelum mengonsumsinya sehari-hari. Baik yang kini dijual bebas dalam bentuk serum maupun minuman manis. Jika benar-benar mengkombinasikan antara manfaat glutathione dan kolagen, sebaiknya tetap diskusikan dengan para ahli kesehatan.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini