Kumpulan Ceramah Agama Islam Lucu & Menarik, Sarat Pesan Mendalam

Senin, 14 November 2022 10:52 Reporter : Mutia Anggraini
Kumpulan Ceramah Agama Islam Lucu & Menarik, Sarat Pesan Mendalam Ilustrasi ceramah. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kumpulan ceramah agama Islam lucu dapat membuat suasana kian menarik. Ceramah sendiri adalah salah satu kegiatan yang tak luput dari ibadah umat Islam.

Biasanya, ceramah dapat dilakukan usai jemaah menunaikan salat wajib hingga pengajian dengan tema tertentu. Ceramah umumnya berisi pesan-pesan kebaikan yang dapat diresapi umat Islam untuk senantiasa dilakukan.

Bagi seseorang yang memberi ceramah, hal tersebut juga dapat bermakna dakwah dan penyebaran nilai-nilai agama Islam kepada sesamanya. Seringkali, ceramah dianggap oleh sebagian orang menjadi kegiatan yang kurang menarik.

Namun, hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan cara memberikan kumpulan ceramah agama Islam lucu yang menarik. Sebab memberikan pesan-pesan kebaikan tak melulu dilakukan dengan cara serius. Namun ada kalanya para pendengar dapat diberikan guyonan atau humor di sela-sela materi ceramah.

Dengan demikian, maka para pendengar akan senantiasa merasa antusias untuk menyimak isi pesan yang dimaksudkan penceramahnya. Nah, apabila Anda hendak berceramah di depan umum, beberapa contoh dan kumpulan ceramah agama Islam lucu berikut ini dapat menjadi referensi.

Melansir dari berbagai sumber, Senin (14/11/22), berikut ulasan selengkapnya mengenai kumpulan ceramah agama Islam lucu serta mengandung pesan mendalam mengenai berbagai tema.

2 dari 2 halaman

Kumpulan Ceramah Agama Islam Lucu

"Hari Minggu pagi yang lalu di sebuah kompleks perumahan dibikin geger gara-gara seseorang mengumandangkan adzan di masjid tepat jam 9 pagi. Semua orang di sekitar masjid itu bingung bin heran…. Mengapa ada adzan jam 9 pagi? Siapakah orang aneh yang mengumandangkan adzan? Apakah ini sebuah aliran baru?

ilustrasi adzan

plus.kapanlagi.com

Kontan orang-orang pada berdatangan ke masjid. Apalagi hari libur, orang-orang lagi sedang di rumah. Tak terkecuali yang sedang main bulu tangkis pun segera berlari ke masjid. Yang sedang mencuci mobil, duduk-duduk, baca koran semua aktivitas mereka hentikan untuk datang ke masjid tatkala mendengar suara adzan tersebut.

Setelah kumandang adzan berakhir… orang-orang pada ngerubutin muadzin.

"Pak… kok aneh banget, adzan jam 9 pagi. Aliran dari mana lagi nih pak?"

Tapi ternyata jawab sang muadzin sangat mengejutkan:

"Justru kalian yang aneh, saya adzan pas waktu subuh kalian pada nggak dateng… Eh saya adzan jam 9 pagi, malah kalian pada dateng! Mulai besok pada dateng yah, kalau saya adzan Subuh!"

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini