Jenis Rekayasa Teknologi, Ini Temuan Sains yang Paling Spektakuler di Tahun 2018

Senin, 24 Januari 2022 11:05 Reporter : Billy Adytya
Jenis Rekayasa Teknologi, Ini Temuan Sains yang Paling Spektakuler di Tahun 2018 ilustrasi teknologi. cision.com

Merdeka.com - Jenis rekayasa teknologi merupakan ragam inovasi teknologi yang sudah dilakukan oleh para ahli. Ini menjadi suatu hal menarik karena kini teknologi merupakan sebuah tren yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia.

Ragam teknologi juga tidak hanya fokus pada kecerdasan buatan saja atau AL (Artificial Intelligence). Beragam inovasi teknologi mulai dikembangkan oleh para ahli dari sebuah perusahaan besar.

Bahkan ini juga direkayasa sedemikian rupa menjadi sebuah teknologi sains yang bisa membantu umat manusia di muka bumi ini khususnya di bidang kesehatan hingga gaya hidup.

Dirangkum dari laman DW via Liputan6.com, berikut adalah 5 jenis rekayasa teknologi temuan sains yang berhasil menjadi sorotan dan begitu spektakuler di tahun 2018 lalu.

2 dari 6 halaman

Kecerdasan Buatan yang Jadi Keseharian

Jenis rekayasa teknologi sains yang ditemukan pada 2018 lalu salah satunya ialah adanya kecerdasan buatan yang bisa menemani keseharian manusia. Kecerdasan buatan ini contohnya seperti ponsel pintar yang bisa bereaksi sesuai dengan kebutuhan dari pemilik pribadinya.

Hal ini dibangun dengan menggunakan sebuah jejaring data bersama dengan ponsel pintar dan juga rumah cerdas. Sehingga pada nantinya manusia akan selalu diawasi secara terus-menerus oleh perangkat cerdas satu ini.

ilustrasi teknologi
humanresourcesonline.net

Memang sangat sulit dipastikan untuk manusia menghindari efek negatif dari kecerdasan buatan satu ini. Hingga saat ini, jenis rekayasa ini nyatanya banyak membantu pemiliknya untuk menjalankan aktivitas kesehariannya.

Mereka dibuat mudah untuk mengakses segala kebutuhan yang benar dibutuhkan dalam menjalani kegiatan keseharian. [bil]

Baca juga:
Fungsi Osiloskop dan Berbagai Jenisnya, Perlu Diketahui

3 dari 6 halaman

Melakukan Operasi Embrio di Dalam Kandungan

Jenis rekaya selanjutnya yang cukup mencuri perhatian di tahun 2018 adalah melakukan operasi embrio di dalam kandungan. Dengan menggunting gen yang sakit dan menggantinya dengan gen sehat, pada janin yang masih berada dalam kandungan.

Hal ini nyatanya tengah sukses dan berhasil dilakukan di Amerika Serikat. Eksperimen yang satu ini dilakukan pada embrio dalam rahim yang tengah mengidap kelainan di bagian organ jantungnya.

Terapi gen semacam ini juga diharapkan bisa menyembuhkan penyakit kanker dan juga sistik fibrosis hingga HIV.

4 dari 6 halaman

Manusia Hasil dari Rekayasa Genetika

Diketahui pada 2017, Amerika Serikat memberikan ijin untuk penyembuhan dua jenis kanker darah dan penyebab kebutaan. Ini dilakukan dengan menggunakan terapi genetika.

Caranya ialah dengan memodifikasi gen kekebalan tubuh pasien. Ini bertujuan agar pada nantinya bisa mengenali sel kanker sebagai sebuah musuh dan otomatis membunuhnya.

ilustrasi teknologii-scoop.eu

Sedangkan pada kasus kebutaan, rekayasa genetika akan dilakukan langsung pada gen tertentu pada mata. Ini juga tidak akan mempengaruhi anggota bagian tubuh lainnya.

Baca juga:
Fungsi Osiloskop dan Berbagai Jenisnya, Perlu Diketahui

5 dari 6 halaman

Menciptakan Manusia Cyborg Hasil Cetakan

Sebuah teknologi perangkat canggih pencetak tiga dimensi juga berhasil ditemukan pada tahun 2018 lalu. Tubuh manusia diramalkan pada nantinya juga bisa dicetak secara tiga dimensi atau 3D.

Pencetakkan ini bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah tinta bernama tinta bio-kompatibel. Yang artinya, organ buatan printer ini tak akan ditolak oleh sistem kekebalan tubuh manusia.

seks© sakkmesterke/The Next Web

Sebuah tren dalam kedokteran ini memang diketahui baru berjalan pada tahap awal. Namun perkembangannya akan diramalkan bisa berjalan dengan amat pesat.

6 dari 6 halaman

Mikro Organisme Dijadikan Pabrik Obat

Jenis rekayasa berikutnya yang berhasil ditemukan pada tahun 2018 lalu ialah dibukanya cakrawala baru di dalam bidang biologi sintetik. Gabungan cabang biologi serta teknik keinsinyuran ini akan melakukan modifikasi DNA mikro organisme menjadi sebuah pabrik farmasi ukuran mikro.

Diketahui bahwa makhluk hidup artifisial mikro pada nantinya juga bisa direkayasa dengan memproduksi insulin atau molekul. Ini akan menjadi sebuah basis pembuatan obat baru.

foto ilustrasi obat©2021 Merdeka.com/pexels.com

Itu tadi merupakan jenis rekayasa teknologi temuan sains yang berhasil menggebrak dan menghebohkan di tahun 2018 lalu. Semoga informasi yang berhasil Merdeka.com sajikan ini bisa membuat wawasan Anda menjadi luas.

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
  3. Trending
  4. Ragam
  5. Sains
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini