Doa Penutup Majelis Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Latin, Makna dan Keutamaannya

Rabu, 24 Februari 2021 09:31 Reporter : Kurnia Azizah
Doa Penutup Majelis Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Latin, Makna dan Keutamaannya Ilustrasi belajar. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/donatas1205

Merdeka.com - Secara bahasa majelis berasal dari bahasa Arab, bentuk kata tempat (ism makan) berarti kata dasar duduk. Sedangkan majelis 'ta'lim sendiri jika digabungkan menjadi 'tempat pengajaran'. Sehingga konteksnya bisa diterapkan di lembaga pendidikan keagamaan nonformal, sekolah formal, pengajian, dan belajar bersama.

Doa penutup majelis sejatinya sudah banyak diajarkan sejak dini. Terutama usai kegiatan belajar mengajar selama di sekolah, karena sesuai dengan tujuan adanya majelis sebagai tempat mengarahkan pembentukan akhlak mulia dan mewujudkan rahmat bagi alam semesta.

Melalui doa penutup majelis ini diharapkan Allah SWT mengampuni, membimbing untuk bisa menjaga habluminallah (hubungan vertikal manusia kepada Allah) dan habluminannas (hubungan horizontal sesama manusia), usai dari majelis. Pahami maknanya secara mendalam, supaya ajaran Islam yang sebenarnya bisa merasuk dalam jiwa.

Berikut doa penutup majelis sesuai sunnah Rasulullah SAW. Lengkap dengan doa pembuka, penulisan latin dan artinya.

Baca Selanjutnya: Doa Pembuka Majelis...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini