Doa Dimudahkan Persalinan Caesar dan Normal Bikin Tenang, Agar Lancar Tanpa Hambatan

Rabu, 17 Agustus 2022 08:37 Reporter : Kurnia Azizah
Doa Dimudahkan Persalinan Caesar dan Normal Bikin Tenang, Agar Lancar Tanpa Hambatan ilustrasi melahirkan. ©shutterstock.com/Monkey Business Images

Merdeka.com - Doa dimudahkan persalinan caesar dan normal akan membuat bunda lebih tenang. Berdzikir atau mengingat Allah SWT memiliki makna dan lingkup yang begitu luas. Kekuatan doa diyakini mampu menenangkan hati, jiwa dan pikiran. Hal ini dinilai baik bagi kondisi psikologi bunda jelang melahirkan.

Melalui doa dimudahkan persalinan ini kita sebagai manusia juga mengharap rida Allah SWT. Agar diberi keselamatan dan kesehatan, baik untuk sang jabang bayi maupun bunda.

Tak dapat dipungkiri, jelang persalinan caesar atau normal, para ibu akan merasa khawatir, harap-harap cemas dan lainnya campur aduk menjadi satu. Melalui doa dan dzikir inilah, bunda bisa lebih berserah serta memohon ketenangan jiwa.

Doa dimudahkan persalinan caesar dan normal ini bukan hanya dilafalkan oleh bunda saja. Melainkan suami dan keluarga yang mendampingi saat proses persalinan.

Selain doa dimudahkan persalinan, ada baiknya diiringi pula dengan berdzikir. Manfaat berdzikir bisa menjadi penenang jiwa di kala resah. Dzikir sebelum melahirkan misalnya, mampu memberikan manfaat untuk menurunkan sekresi hormon kortisol, membuat kerja otak seimbang, serta menurunkan down regulator reseptor GABA. Kemudian adanya keselarasan di tubuh, serta melepaskan hormon endorphin.

Bahkan hal ini dituangkan dalam Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Yogyakarta Volume 1. Di mana doa dan dzikir berdampak positif pada peningkatan imunitas tubuh. Sehingga nyeri yang dirasakan pada ibu yang melahirkan perlahan berkurang.

Untuk lebih jelasnya, simak informasi selengkapnya doa dimudahkan persalinan caesar dan normal seperti yang dianjurkan Rasulullah SAW, lengkap dengan dzikir seperti dihimpun dari NU Online, Rabu (17/8).

2 dari 6 halaman

Anjuran Doa Dimudahkan Persalinan

ilustrasi melahirkan

©2021 Merdeka.com

Ketika Fathimah RA akan melahirkan, Nabi Muhammad SAW memerintahkan kepada Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyin R.A untuk mendampingi putrinya tersebut.

Rasulullah SAW meminta keduanya untuk membaca ayat Kursi yang terdapat dalam Alquran, yakni surat Al-Baqarah ayat 255. Kemudian dilanjutkan membaca surat Al-A'raf ayat 54 dan surat Al-Falaq, lalu surat An-Nas di dekat Sayidatina Fathimah RA.

Sebagai umat muslim yang senantiasa meneladani dan mengikuti sunnah Rasul, maka seorang ibu yang akan melahirkan alangkah baiknya membaca doa dimudahkan persalinan tersebut.

Bahkan doa dimudahkan persalinan lancar dan terhindar dari segala bahaya melahirkan ini dijelaskan oleh Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, dalam al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr. Beliau menambahkan, bahwa selama detik-detik persalinan berlangsung, seyogianya sang suami mendampingi istri tercinta dan lahirnya jabang bayi. [kur]

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon 17 Agustus 2022, Meriahkan HUT RI ke-77 'Bangkit Lebih Kuat'
Kacamata Radiasi Komputer dan HP, Ketahui Kefektifannya Sebelum Membeli

3 dari 6 halaman

Doa Dimudahkan Persalinan: Dibaca Sebelum

Salah satu doa dimudahkan persalinan caesar dan normal yang bisa dibaca berulang kali oleh bunda. Kalimat permohonan perlindungan satu ini akan membuat perasaan lebih tenang jelang persalinan. Berikut doa yang bisa dipanjatkan:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ اْلوَكِيْلُ عَلىَ اللهِ تَوَكَّلْنَا

Hasbunallahu wa ni’mal wakilu ‘alallahi tawakkalna.

Artinya:

Cukuplah Allah sebagai pelindung kami, dan Dia sebaik-baik pelindung. Hanya kepada Allah kami berserah diri.

4 dari 6 halaman

Doa Dimudahkan Persalinan Sesuai Anjuran Rasul

ilustrasi berdoa

© pexels.com/Thirdman

1. Surat Al Baqarah ayat 255 (Ayat Kursi)

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

"Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta'khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa biidznih, ya'lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai'im min 'ilmihii illaa bimaa syaa' wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya'uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal 'aliyyul 'adhiim."

Artinya:

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

2. Surat Al-Araf ayat 54

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

Inna rabbakumullaahullazii khalaqas-samaawaati wal-arda fii sittati ayyaamin summastawaa 'alal-'arsy, yugsyil lailan nahaara yatlubuhu hasiisaw wasy syamsa wal qamara wan-nujuma musakhkharaatim bi'amrihii alaa lahul-khalqu wal-amr, tabaarakallaahu rabbul-'aalamiin.

Artinya:
"Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam."

3. Surat Al Falaq

١ – قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

٢ – مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

٣ – وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

٤ – وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

٥ – وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

"Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil 'uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad."

Artinya : "Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon 17 Agustus 2022, Meriahkan HUT RI ke-77 'Bangkit Lebih Kuat'
Kacamata Radiasi Komputer dan HP, Ketahui Kefektifannya Sebelum Membeli

5 dari 6 halaman

4. Surat An-Naas

ilustrasi berdoa

©Pixabay/AveCalvar


١ – قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

٢ – مَلِكِ النَّاسِۙ

٣ – اِلٰهِ النَّاسِۙ

٤ – مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

٥ – الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ

٦ – مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

"Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."

5. Doa yang Dibaca Suami

Selain bacaan doa dimudahkan persalinan di atas, suami juga dianjurkan untuk memperbanyak melafalkan doa di bawah ini:

لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ لَآإِلٰهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْم

Lâ ilâha illallâhul ‘adhîmul ḫalîm. Lâ ilâha illallâhu rabbul ‘arsyil ‘adhîm. Lâ ilâha illallâhu rabbus samâwâti wal ardli wa rabbul ‘arsyil ‘adhîm

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah Yang Mahaagung lagi Mahabijaksana. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik ‘Arsy yang Agung. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan ‘Arsy yang agung.”

6 dari 6 halaman

Dzikir Dimudahkan Persalinan

ilustrasi berdoa
©Shutterstock

Selain memanjatkan doa dimudahkan persalinan, sebaiknya diiringi pula dengan berdzikir. Salah satu kalimat dzikir yang diucapkan berulang-ulang dengan tujuan sebagai proses pembelajaran.

Sekaligus melatih diri dalam membangun daya juang dan kesungguhan demi meraih rida, cinta dan perjumpaan dengan Allah SWT.

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Astagfirullahal’azhiim

Artinya: saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung

Dilanjutkan dengan melantunkan bacaan shalawat sekian kali.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah rahmat kepada baginda kami Muhammad."

Dalam hal ini Allah berfirman sebagai berikut:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اذۡكُرُوۡا اللّٰهَ ذِكۡرًا كَثِيۡرًا وَّ سَبِّحُوۡهُ بُكۡرَةً وَّاَصِيۡلًا هُوَ الَّذِىۡ يُصَلِّىۡ عَلَيۡكُمۡ وَمَلٰٓٮِٕكَتُهٗ لِيُخۡرِجَكُمۡ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوۡرِ ؕ وَكَانَ بِالۡمُؤۡمِنِيۡنَ رَحِيۡمًا

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. (QS. Al-Ahzab: 41-43)

Itulah beberapa rangkaian doa dimudahkan persalinan caesar dan normal yang bisa dipanjatkan oleh bunda, serta keluarga. Baik dibaca saat menjelang persalinan, maupun selama proses berlangsung. Sebagai bentuk memohon rahmat dan perlindungan Allah SWT.

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon 17 Agustus 2022, Meriahkan HUT RI ke-77 'Bangkit Lebih Kuat'
Kacamata Radiasi Komputer dan HP, Ketahui Kefektifannya Sebelum Membeli

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini