Cegah Penularan Virus Corona, Ini Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Senin, 23 Maret 2020 17:21 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Cegah Penularan Virus Corona, Ini Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi manfaat jahe. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Penyebaran virus corona kian meningkat membuat masyarakat mulai mencari berbagai informasi. Termasuk cara mencegah penularan virus corona.

Tidak hanya menghindari kerumunan, virus corona bisa dicegah dengan mengatur pola makan sehat. Akan tetapi, tidak sembarang makanan bisa dikonsumsi.

Lantas, makanan apa saja yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penularan virus corona? Simak ulasan informasi yang dihimpun dari laman resmi dompetdhuafaorg.

1 dari 6 halaman

Sayur Bayam

Makanan sehat yang bisa mencegah penularan virus corona yang pertama ada sayur bayam. Sayuran yang identik dengan serial kartun Popeye ini mengandung sejumlah vitamin yang bagus bagi tubuh. Selain itu, sayur bayam juga mengandung antioksidan dan beta karoten yang cukup tinggi. Kedua kandungan itu mampu membantu tubuh dalam melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh dan melawan virus jahat.

ilustrasi bayam

2014 Merdeka.com/shutterstock/Peter Zijlstra

Melansir dari Alodokter.com, Senin (23/3/2020), sayur bayam mengandung vitamin A, B kompleks, C, E dan vitamin K. Tak hanya itu, sayur bayam juga mengandung sejumlah mineral utama seperti magnesium, zat besi, kalsium, asam folat, sodium dan potassium.

Tidak ketinggalan pula, sayur berwarna hijau ini juga mengandung serat yang tinggi dan kalori serta lemak yang rendah. Dengan mengonsumsinya secara rutin akan membantu tubuh meningkatkan sistem imun dan mencegah virus corona masuk dalam tubuh.

2 dari 6 halaman

Sayur Brokoli

Kemudian ada brokoli sebagai makanan sehat yang bisa mencegah penularan virus corona. Hal ini karena sayur brokoli mengandung vitamin A, C, dan E yang cukup tinggi. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung mineral dan antioksidan yang tak kalah tingginya. Tidak mengherankan, sayur brokoli dipercaya mampu melawan sumber penyakit.

012 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Apalagi kandungan antioksidan dalam brokoli mampu membantu tubuh mencegah terjadi proses oksidasi. Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur, tubuh bisa menjadi kuat karena terbebas dari radikal bebas.

3 dari 6 halaman

Bawang Putih

Makanan sehat yang bisa mencegah virus corona selanjutnya adalah bawang putih. Si kecil berbau ini rupanya mampu membantu mencegah sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bawang putih juga bagus untuk menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.

manfaat bawang putih

2020 Merdeka.com

Hal ini lantaran bawang putih mengandung senyawa aliicin. Meski menjadi sumber bau menyengat pada bawang putih, aliicin ternyata bermanfaat melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya. Selain aliicin, bawang putih juga mengandung antioksidan, seng, kalsium, fosfor fan potassium yang tinggi.

Bawang putih juga memiliki manfaat sebagai antivirus dan antibakteri yang sangat bagus untuk tubuh. Tentu saja, manfaat tersebut mampu digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh.

4 dari 6 halaman

Jahe

Siapa sangka, rempah-rempah seperti jahe merupakan makanan sehat yang bisa mencegah penularan virus corona. Telah lama dipercaya bila jahe memiliki kandungan yang bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

010 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Seorang peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Chairul Anwar Nidom, bahkan mengatakan jika jahe menjadi salah satu makanan yang ampuh menangkal virus corona. Sebab, kandungan curcumin dalam jahe dipercaya mampu menangkal virus corona.

Tak hanya itu, jahe juga mengandung senyawa beta-karoten dan capsaicin. Kedua kandungan tersebut memiliki peranan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5 dari 6 halaman

Buah Citrus

Makanan sehat yang bisa mencegah penularan virus corona berikutnya adalah buah citrus. Tak heran memang, sebab buah citrus dikenal sebagai salah satu jenis buah yang tinggi akan vitamin C. Karena kandungan vitamin C yang tinggi ini pula, membuat buah citrus mampu membantu sistem kekebalan tubuh.

cegah corona

Instagram dompetdhuafaorg 2020 Merdeka.com

Selain itu, buah citrus juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh. Sekedar informasi, sel darah putih memiliki tugas untuk melawan bibit penyakit. Beberapa buah-buah yang masuk ke dalam jenis buah citrus meliputi jeruk nipis, jeruk mandarin, lemon dan anggur.

6 dari 6 halaman

Ikan Berlemak

Terakhir ada ikan berlemak yang bisa mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh. Sudah menjadi rahasia umum, ikan berlemak lebih bermanfaat dibanding lemak pada hewan lainnya. Siapa sangka, nutrisi pada ikan berlemak sangat baik bagi tubuh dalam melawan penyakit.

ilustrasi ikan salmon

Shutterstock/Gregory Gerber

Selain itu, asam lemak omega 3, omega 6 dan omega 9 pada ikan berlemak mampu membantu melawan radang, autoimun dan mengurangi gejala sindrom metabolik.

Dikutip dari hellosehat.com, Senin (23/3/2020), American Heart Association (AHA) menganjurkan setiap orang untuk mengonsumsi ikan berlemak sekitar dua porsi dalam sepekan. Sebaiknya mengonsumsi ikan berlemak sekitar 80 gram dalam sekali makan atau seukuran dek kartu.


[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini