Begini Potret Kamar SBY saat Remaja, Kecil Banget Gak Ada Mewah-mewahnya

Senin, 1 Juni 2020 10:35 Reporter : Kurnia Azizah
Begini Potret Kamar SBY saat Remaja, Kecil Banget Gak Ada Mewah-mewahnya Potret Kamar SBY saat Remaja. Instagram agusyudhoyono ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lahir di lingkungan pesantren di desa Tremas, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur. SBY tinggal di rumah sederhana dengan halaman yang luas dan sejuk.

Baru-baru ini, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunggah kediaman masa kecil sang ayah tercinta. Guna mengajarkan buah hatinya, Almira mengenai perjuangan masa lalu.

Ingin tahu potret kamar SBY saat remaja yang begitu kecil? Simak informasinye berikut ini.

1 dari 5 halaman

Tengok Kamar Kecil Pepo

potret kamar sby saat remaja

Instagram agusyudhoyono ©2020 Merdeka.com


Pada Februari lalu, Agus bersama Anisa Pohan mengajak Almira menengok rumah masa kecil Pepo, sapaan akrab untuk sang kakek, SBY.

Mereks berkunjung ke Pacitan untuk melihat kamar SBY yang berukuran lebar 1,5 dan panjang 2,5 meter. Masa remaja SBY dihabiskan di sana dan jauh dari orang tua.

2 dari 5 halaman

Jalan Kaki ke Sekolah

Kediaman masa remaja SBY sangat sederhana. Meski kedua orang tuanya Raden Soekotjo dan Siti Habibah terbilang berasal dari kalangan berada.

potret kamar sby saat remaja

Instagram agusyudhoyono ©2020 Merdeka.com

Kedua orang tua presiden ke-6 ini mengajarkan kesederhanaan. Untuk berangkat ke sekolah pun, dilalui SBY dengan berjalan kaki berkilo-kilo meter karena terbatasnya transportasi kala itu.

3 dari 5 halaman

Rumah Keluarga Sudah Diwakafkan

Rumah utama atau rumah kelahiran SBY, kini telah diwakafkan sesuai keputusan keluarga. Melihat lingkungan yang kuat akan suasana Pondok Pesantren NU, akhirnya rumah tersebut sekarang dibangun menjadi mushalla Nahdhatul Ulama.

4 dari 5 halaman

Rumah Lama SBY

potret kamar sby saat remaja

Brillio ©2020 Merdeka.com

Kediaman SBY bersama keluarga dari Pacitan, terhitung cukup sederhana. Bangunan dengan model Jawa klasik atau biasa disebut Joglo.

Identik dengan bentuk atap ruang yang tinggi, begitu unik dan khas. Kemudian disangga empat tiang di ruang utama atau luarnya, disebut 'soko guru'.

5 dari 5 halaman

Pembangunan Museum SBY dan Galeri Ani

Sebuah rencana membuat galeri seni sejak Ani Yudhoyono masih sehat. Kini museum sekaligus galeri tersebut tengah digarap di Pacitan, selaku tanah kelahiran SBY.

potret kamar sby saat remaja

Instagram agusyudhoyono ©2020 Merdeka.com

Pembangunan 'Museum SBY dan Galeri Ani' resmi dimulai sejak akhir Februari 2019. Menjadi salah satu lokasi belajar, dan bentuk cinta pada Memo, sapaan akrab Ani Yudhoyono di keluarga.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini