8 Manfaat Masker Pisang untuk Kecantikan, Bantu Hilangkan Jerawat Hingga Bekasnya

Rabu, 18 Maret 2020 15:08 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
8 Manfaat Masker Pisang untuk Kecantikan, Bantu Hilangkan Jerawat Hingga Bekasnya Ilustrasi pisang. Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Manfaat masker pisang untuk kecantikan cukup banyak. Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tak hanya dikonsumsi, buah pisang juga dapat digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah.

Hal ini karena buah pisang mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda dapat membuat masker dari buah pisang untuk merawat kulit Anda.

Berbagai manfaat pun akan Anda rasakan jika menggunakan masker ini secara teratur. Merdeka.com telah merangkum manfaat masker pisang dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 8 halaman

Mencerahkan Wajah

ilustrasi wajah cantik

2013 Merdeka.com/shutterstock.com/aslysun

Manfaat masker pisang yang pertama yaitu mencerahkan kulit wajah. Buah pisang mengandung antioksidan yang mampu merawat kulit agar tetap sehat terjaga. Selain itu, rajin menggunakan masker pisang juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu meracik masker pisang dengan beberapa bahan tambahan sesuai jenis kulit Anda.

Untuk kulit kering, pisang yang telah dilumatkan dicampurkan dengan minyak zaitun dan alpukat. Oleskan ke kulit wajah yang telah dibersihkan dan diamkan 10 sampai 15 menit. Bilas hingga bersih.

Untuk kulit berminyak, campurkan pisang yang telah dilumatkan dengan madu dan perasan air lemon secukupnya. Cara penggunaan nya sama dengan masker pisang untuk kulit kering.

2 dari 8 halaman

Mengencangkan Kulit Wajah

ilustrasi kulit cantik

Shutterstock

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mulai muncul tanda-tanda penuaan. Salah satunya yaitu kulit yang mulai kendur. Kandungan vitamin C dalam buah pisang dapat Anda manfaatkan untuk merawat kulit wajah agar lebih kencang.

Anda dapat memanfaatkan masker pisang sebagai salah satu perawatan untuk mengencangkan kulit. Menggunakan masker pisang secara rutin dapat membuat kulit terasa lebih kencang dan kenyal.

3 dari 8 halaman

Menyamarkan Flek Hitam

001 tantri setyorini

iStock

Manfaat menggunakan masker pisang selanjutnya yaitu dapat membantu menyamarkan flek hitam. Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang kerap muncul.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memanfaatkan masker pisang sebagai perawatan kulit. Anda cukup membuat masker pisang dengan menambahkan sedikit susu, gula pasir dan sedikit gandum.

Gunakan masker pisang yang telah diracik selama 10 sampai 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk menggunakan masker tersebut secara rutin agar hasilnya maksimal.

4 dari 8 halaman

Atasi Masalah Jerawat

ilustrasi jerawat di dahi

Shutterstock

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap menghampiri banyak orang. Jerawat juga dapat membuat seseorang merasa tak percaya diri. Terlebih jika jerawat tersebut tak mau segera pergi.

Untuk mengatasi masalah jerawat, coba lah untuk membuat masker pisang dengan tambahan madu. Kandungan antibakteri dalam pisang dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

5 dari 8 halaman

Menghidrasi Kulit

sehat

healthyohealthy.com

Salah satu cara untuk merawat kulit yaitu dengan memberinya nutrisi. Kulit memerlukan nutrisi yang cukup agar selalu tampak sehat dan bercahaya.

Perawatan dengan bahan alami merupakan pilihan yang tepat agar kulit dapat ternutrisi sempurna. Anda dapat memanfaatkan masker buah pisang untuk menutrisi kulit Anda. Kandungan vitamin A dan kalium dalam buah pisang dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi secara alami.

6 dari 8 halaman

Menyamarkan Mata Panda

Lingkar hitam di bawah mata atau biasa disebut dengan mata panda merupakan salah satu masalah yang kerap muncul. Munculnya mata panda dapat menurunkan percaya diri seseorang karena mata akan terlihat lelah.

Cobalah menggunakan masker pisang untuk membantu menyamarkan lingkar hitam di bawah mata. Anda hanya perlu melumatkan 1 buah pisang dan mengoleskannya di area lingkar bawah mata yang menghitam. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas.

7 dari 8 halaman

Menyamarkan Bekas Jerawat

ilustrasi bekas jerawat

2014 Merdeka.com/shutterstock/Ronald Sumners

Bekas jerawat yang terlihat jelas tentu sangat mengganggu penampilan. Berbagai cara pun dilakukan untuk menyamarkan noda bekas jerawat. Seperti dengan perawatan di salon mahal hingga menutupinya dengan make up.

Jika Anda memiliki bekas jerawat yang terlihat, cobalah untuk menggunakan masker pisang secara teratur. Kandungan vitamin A dan C diketahui dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat.

8 dari 8 halaman

Mengangkat Sel Kulit Mati

003 tantri setyorini

Shutterstock

Sel kulit mati yang menumpuk dapat membuat kulit terlihat kusam dan tak bercahaya. Sel kulit mati harus lah dibersihkan. Berbagai cara pun dapat dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati.

Salah satunya dengan menggunakan masker pisang. Masker pisang dipercaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah secara efektif. Sehingga kulit akan terlihat lebih bercahaya dan segar.

[add]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini