8 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Bantu Atasi Sakit Gigi hingga Sembelit

Rabu, 8 September 2021 10:06 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
8 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Bantu Atasi Sakit Gigi hingga Sembelit 8 Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan, Efektif Turunkan Demam Hingga Atasi Sembelit. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Manfaat daun jarak untuk kesehatan cukup beragam. Daun jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun jarak diketahui mengandung berbagai senyawa aktif seperti alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol, serta quercetin. Selain itu, daun jarak juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, di antaranya untuk mengatasi sakit gigi, mengatasi sembelit, mengatasi perut kembung, mengatasi sariawan, menstabilkan gula darah, mengobati reumatik, hingga menurunkan panas pada anak.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat daun jarak untuk kesehatan, merdeka.com telah merangkum informasi dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

2 dari 4 halaman

Mengatasi Sakit Gigi

ilustrasi sakit gigi

©Shutterstock/dundanim

Manfaat daun jarak untuk kesehatan yang pertama yaitu mengatasi sakit gigi. Getah daun jarak pagar dan jarak wulung diketahui mampu membantu mengatasi sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengoleskan getah daun jarak pada bagian gigi yang dirasa sakit.

Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan kondisi di mana seseorang kesulitan untuk buang air besar (BAB). Daun jarak dipercaya mampu membantu mengatasi sulit buang air besar.

Anda dapat menggunakan daun jarak yang masih segar. Kemudian, cuci bersih daun jarak tersebut dan kukus sampai matang. Setelah itu, segera santap daun jarak tersebut sebagai lalapan atau pendamping makan.

Mengatasi Perut Kembung

Manfaat daun jarak untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat membantu mengatasi perut kembung. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengoleskan atau menempelkan daun jarak ke bagian perut.

Caranya, siapkan beberapa daun jarak yang masih utuh. Setelah itu, bersihkan daun jarak sampai tidak ada getah yang menempel. Kemudian berikan daun jarak dengan sedikit minyak kayu putih.

Setelah itu, oleskan daun jarak pada perut dan bagian sekitar dada untuk memberikan rasa hangat. Anda dapat menggunakannya semalaman saat tidur.

3 dari 4 halaman

Mengatasi Sariawan

003 destriyana©2015 Merdeka.com/shutterstock/leungchopan

Manfaat lain dari daun jarak untuk kesehatan yaitu dapat mengatasi sariawan. Hal ini karena adanya senyawa anti inflamasi pada getah daun jarak.

Untuk mendapatkan manfaat ini, siapkan daun jarak lalu remas-remas bagian daun dan batang hingga getah muncul. Kemudian gunakan sedikit getah tersebut pada area yang terkena sariawan.

Mengobati Rematik

Daun jarak juga bermanfaat untuk membantu mengatasi rematik. Anda dapat menggunakan air rebusan daun jarak untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Caranya, siapkan lima sampai delapan lembar daun jarak, kemudian tumbuk sampai halus bersama sedikit air hangat. Setelah itu, oleskan pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Anda dapat melakukannya setidaknya tiga kali sehari sampai kondisinya mereda.

Menstabilkan Gula Darah

Manfaat daun jarak untuk kesehatan selanjutnya yaitu menstabilkan gula darah. Pada penderita diabetes, daun jarak diketahui mampu membantu mencegah kadar gula darah naik.

Untuk memperoleh manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun jarak secara rutin.

4 dari 4 halaman

Menurunkan Panas pada Anak

ilustrasi bayi buang air besar©parenting.firstcry.com

Manfaat lain dari daun jarak yaitu membantu menurunkan panas pada anak. Caranya, siapkan dua sampai tiga helai daun jarak yang sudah dicuci bersih, lalu oleskan daun jarak pada minyak kayu putih.

Setelah itu, panaskan daun jarak tadi di atas api selama dua menit atau sampai panasnya merata di seluruh permukaan daun.

Kemudian setelah hangat, letakkan daun di bagian perut dan punggung bayi. Untuk menjaga agar daun jarak tak berubah posisi, Anda dapat memasangkan bedong agar tidak mudah lepas.

Menghilangkan Kurap

Kurap merupakan infeksi jamur pada kulit sehingga menimbulkan ruam melingkar yang berwarna merah. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan daun jarak. Hal ini karena adanya kandungan minyak yang memiliki senyawa aktif bernama asam undesilenat.

Caranya, cuci bersih daun jarak lalu rendam di dalam minyak kelapa selama beberapa jam. Setelah itu, panaskan minyak dan daun tersebut ke dalam panci.

Apabila sudah siap, oleskan daun jarak tersebut ke bagian permukaan kulit yang terkena kurap. Lalu, tutup bagian tersebut dengan handuk kecil atau kain katun. Diamkan semalaman.

Untuk hasil maksimal, sebaiknya lakukan rutin sampai kurap menghilang.

[add]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini