6 Alasan Bercinta di Pagi Hari, Ternyata Ada Banyak Manfaatnya

Sabtu, 3 April 2021 10:11 Reporter : Mutia Anggraini
6 Alasan Bercinta di Pagi Hari, Ternyata Ada Banyak Manfaatnya ilustrasi hubungan bahagia. © huffingtonpost.com

Merdeka.com - Umumnya, para pasangan suami istri lebih memilih untuk menghabiskan malam dengan bercinta. Berhubungan intim di malam hari memang bisa memberikan waktu yang panjang bagi para pasangan.

Tak banyak yang tahu, sebenarnya pagi hari merupakan waktu yang tepat bagi pasangan untuk melakukan hubungan intim. Meski waktunya tak sebanyak di malam hari, namun bercinta di pagi hari justru lebih banyak menguntungkan.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan berhubungan intim di pagi hari sebelum menjalani rutinitas. Berhubungan intim memang dikenal luas dapat menghilangkan stres hingga meningkatkan imun tubuh.

Namun, keuntungan tersebut bisa menjadi berlipat ganda jika melakukan hubungan intim di pagi hari. Lalu, apa saja alasan bercinta di pagi itu? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Melepas Stres

Seperti yang diketahui, berhubungan intim memang dapat melepas stres dan meringankan beban pikiran. Bahkan, hal tersebut dapat menjauhkan tubuh dari beragam ancaman penyakit mematikan jika dilakukan dengan benar.

Dilansir dari Liputan6, berhubungan seksual sesuai dengan porsi yang dibutuhkan setiap pasangan diketahui mampu mencegah penyakit jantung dan berbagai penyakit kronis lainnya.

ilustrasi pasangan
©tvN

"Orgasme berhubungan dengan dilepasnya endorfin serta serotonin yang dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit termasuk kram menstrual," ungkap pakar kesehatan seksual, Elenaor Draeger.

Berhubungan intim di pagi tentu dapat melepas stres lantaran beban pikiran di hari-hari yang lalu. Menjelang beraktivitas, tubuh tentu akan lebih siap menghadapi tuntutan kerja lantaran stres yang telah berkurang.

Membangkitkan Semangat

Alasan bercinta di pagi hari yang berikutnya adalah dapat membangkitkan semangat. Sebab, rupanya berhubungan intim tak hanya mampu membangkitkan gairah secara fisik saja, namun juga membuat pikiran menjadi lebih bahagia.

Hal ini lantaran meningkatnya dopamine serta oksitosin yang dihasilkan saat berhubungan intim dengan pasangan. Maka dari itu, bercinta bisa menjadi salah satu cara yang tepat bagi para pasangan untuk meningkatkan mood. Dengan mood yang baik, maka performa saat beraktivitas selama satu hari penuh pun juga akan menjadi lebih meningkat.

3 dari 4 halaman

Kondisi Lebih Prima

Berhubungan intim di pagi hari disebut lebih menyenangkan lantaran tubuh jauh lebih prima usai mendapatkan istirahat yang cukup. Otot-otot di seluruh tubuh pun dapat kembali bekerja secara maksimal saat berhubungan intim.

Di pagi hari, organ vital pria diketahui mengalami ereksi yang jauh lebih baik daripada malam atau siang hari. Selain itu, kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan oleh organ vital pria pun disebut lebih baik dibandingkan ejakulasi di malam hari. Bagi para pasangan yang merencanakan program hamil, berhubungan intim di pagi bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

ilustrasi hubungan seks
©©2012 Merdeka.com

Lebih Bergairah & Memuaskan

Banyak penelitian yang menunjukkan, berhubungan seks di pagi hari akan terasa lebih bergairah karena tingkat hormon testosteron pria yang tinggi. Hormon ini lah yang diketahui berperan penting untuk merasakan dorongan seksual.

Terdapat penelitian mengenai hormon testosteron yang dimiliki pria di pagi hari. Tingginya hormon ini bisa meningkatkan kekuatan ereksi dan fungsi seksual mereka kepada pasangan.

Suhu yang dingin di pagi hari memungkinkan tubuh akan beradaptasi. Dengan begitu, berhubungan intim di pagi hari pun akan terasa lebih bergairah dan berkesan bagi satu sama lain.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyak alasan bercinta di pagi hari yang bisa membuat Anda kecanduan dengan pasangan. Salah satunya yakni lantaran berhubungan intim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan, rangsangan seksual memiliki hubungan dengan sistem imun tubuh.

"Terdapat sangat sedikit penelitian yang mengungkap bahwa zat kimia yang berhubungan dengan sistem imun tubuh terdampak oleh rangsangan seksual," papar Gail Saltz, MD, Nyew York-Presbyterian Hospital Weill-Cornell School of Medicine.

Dengan demikian, hal ini akan bekerja semakin sempurna apabila dilakukan di pagi hari lantaran tubuh disebut lebih siap dan prima.

Hubungan Bisa Terus Harmonis

Hubungan intim yang berkualitas tentu bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Sementara itu, mendapatkan hubungan intim yang berkualitas bisa diperoleh melalui cara-cara yang bergairah dan memuaskan pasangan.

Seperti yang telah disebutkan, ada banyak kemungkinan untuk mendapatkan hubungan intim yang lebih baik di pagi hari. Dengan berhubungan intim penuh gairah, maka hal ini pun bisa menjadi sesuatu yang dinantikan untuk segera bertemu pasangan.

ilustrasi pasangan
©tvN

"Hal ini bisa meningkatkan hubungan dan kedekatan, membuatmu ingin segera bertemu selanjutnya," terang Liz Goldwyn, pendiri The Sex Ed.

Nah, itu lah beberapa alasan bercinta di pagi hari bagi para pasangan suami istri. Mengetahui beragam manfaatnya yang bisa dirasakan, ada baiknya saat ini mulai merencanakannya bersama pasangan sebagai rutinitas menyenangkan di pagi hari. [mta]

Baca juga:
Manfaat Seks untuk Kesehatan, Baik untuk Fisik, Mental hingga Hubungan Sosial
Cara Berhubungan Suami Istri Menurut Islam, Lengkap dengan Doa dan Waktu yang Tepat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini