2 Sosok Dokter Latarbelakang Keluarga Tak Sembarangan, Sangat Berpengaruh di Militer

Senin, 25 April 2022 12:35 Reporter : Desi Aditia Ningrum
2 Sosok Dokter Latarbelakang Keluarga Tak Sembarangan, Sangat Berpengaruh di Militer Putri Mantan Wapres Try Sutrisno Ternyata Dokter, Suaminya Pensiunan Jenderal TNI. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Terlahir dari darah militer tak membuat dua orang ini tertarik mengikuti jejak sang ayah. Keduanya memilih berkarier di bidang lain dengan menjadi dokter.

Padahal selain ayah, ada anggota keluarga lain yang juga TNI. Semua keluarganya terpandang dan memiliki pengaruh besar di militer.

Meski begitu, dua sosok ini tetap memilih jalan berbeda. Mereka dapat membuktikan pilihannya tepat. Kini keduanya menjadi dokter hebat dan sukses di bidangnya. Berikut sosoknya.

2 dari 5 halaman

drg Nora Tristyana

putri mantan wapres try sutrisno ternyata dokter suaminya pensiunan jenderal tni

©2021 Merdeka.com

Nora Tristyana putri dari mantan Panglima ABRI Try Sutrisno. Nora memilih karier berbeda dari sang ayah dengan menjadi seorang dokter gigi.

Nora terbiasa hidup di lingkungan militer. Namun dia mantap berkarier di bidang medis. Selain ayah, sang suami Ryamizard Ryacudu merupakan pensiunan TNI yang berpengaruh pada masanya.

Pada periode 2002 hingga 2005, Ryamizard pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Dia juga sempat diangkat menjadi Menteri Pertahanan pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo pada 2014 hingga 2019 lalu.

3 dari 5 halaman

Adik Jenderal TNI dan Polri

Orang sekeliling Nora memang tak sembarangan. Tak hanya ayah dan suami, adik-adiknya pun seorang perwira tinggi TNI dan Polri.

Adik pertama, Irjen Firman Santyabudi merupakan perwira tinggi polri yang kini menjabat sebagai Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas). Sebelumnya, Firman sempat menjabat sebagai Kapolda Jambi pada tahun 2020 lalu dan pernah menjadi Wadirlantas Polda Metro Jaya, Kasbudit Jianmas Ditlantas Babinkam Polri serta Dirlantas Polda Sumsel.

brigjen kunto jenderal try sutrisno irjen pol firman
©2021 Merdeka.com

Kemudian adik keduanya ialah Mayjen Kunto Arief Wibowo. Arief merupakan perwira tinggi TNI yang memiliki karier cemerlang. Dia saat ini dipercaya sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer III/Siliwangi. Sebelumnya pernah menduduki posisi penting di antaranya sebagai Danrem 032/Wirabraja (2019-2020), Kasdam III/Siliwangi (2020-2021) dan Pangdivif 3 Kostrad (2021-2022).

4 dari 5 halaman

dr Alex Perkasa

Kemudian, ada dokter Alexander Akbar Wiratama Perkasa Hendropriyono yang latarbelakang keluarganya militer. Sang ayah Jenderal Andika Perkasa saat ini menjadi orang nomor satu di TNI. Perjalanan karier sang ayah pun cukup mulus hingga menapaki posisi tertinggi di militer.

dokter alex perkasa anak kasad jenderal andika turun tangan tangani serda aprilio
Instagram/©2021 Merdeka.com

Namun Alex tak seperti anak TNI pada umumnya yang mengikuti jejak sang ayah. Dia lebih memilih dokter sebagai profesinya saat ini.

Alex kini menjadi dokter muda yang sukses dan berprestasi. Sepak terjang di dunia medis tak perlu diragukan. Yang sempat menjadi perbincangan ketika menjadi salah satu dokter yang ikut menangani Serda Aprilio Manganang saat menderita Hipospadia.

 

5 dari 5 halaman

Kakeknya Hendropriyono

diaz hendropriyono gerebek rumah deddy corbuzier

Baca juga:
Kisah Mantan Kuli Panggul Banting Setir Jadi Pedagang Es, Kini Hidupnya Makmur
Ternak Domba Garut, Ini Potret Brigjen TNI Asep Supryadi Santai Bersihkan Kandang
Rela Keluar Pekerjaan Gaji Rp9 Jutaan, Kini Sukses Jadi Pedagang Cakue Omzet Brutal

©2020 Merdeka.com/Instagram @diaz.hendropriyono

Tak hanya Sang Ayah, kakek dr Alex bukan orang sembarangan. Kakeknya ialah Jenderal (Purn) Hendropriyono. Dia pensiunan jenderal TNI yang berpengalaman di bidang infanteri dan intelejen. Beberapa posisi pernah didudukinya di antaranya;

  • Direktur A Badan Intelijen Strategis ABRI (1993-1994)
  • Panglima Kodam Jayakarta (1993-1994)
  • Komandan Kodiklat TNI AD (1994-1996)

Kemudian pada tahun 2001-2004 pernah dipercaya sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN). Hendropriyono juga dijuluki the master of intelligence karena menjadi profesor di bidang ilmu Filsafat Intelejen pertama di dunia.

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini