11 Cara Mengecilkan Perut Buncit Biar Rata Kembali

Rabu, 27 November 2019 11:53 Reporter : Billy Adytya
11 Cara Mengecilkan Perut Buncit Biar Rata Kembali Ilustrasi perut buncit. © ummi online

Merdeka.com - Cara mengecilkan perut buncit dan buat perut rata kembali, apa saja? Anda harus mengetahui caranya. Perut buncit akan membuat penampilan kurang tampak menarik dan membuat sebagian orang berkurang rasa percaya dirinya.

Perut buncit sebenarnya suatu masalah besar jika dialami oleh sebagian kaum wanita. Selain membuat rasa percaya diri menjadi berkurang, perut yang buncit juga dapat memicu dampak buruk bagi kesehatan Anda seperti diabetes, stroke dan serangan jantung.

Perut merupakan bagian tubuh yang memiliki tingkat elastisitas paling tinggi, itu sebabnya sangat mudah melar dan berlemak. Perut dengan keadaan buncit tidak hanya dialami oleh orang dengan obesitas, namun dapat juga terjadi kepada orang yang memiliki badan proporsional dan ideal.

Tak heran jika banyak orang melakukan usaha untuk mengecilkan perut buncit. Berbagai cara akan dilakukan agar perut yang buncit kembali rata. Perut yang buncit akan terlihat maju ke depan dan terlihat menonjol dari anggota badan lainnya, kondisi ini sangat tidak enak untuk dipandang.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat perut buncit menjadi rata kembali. Berikut adalah rangkuman Merdeka.com tentang cara mengecilkan perut buncit yang bisa Anda coba:

1 dari 11 halaman

Push-up dan Sit-up

Cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah push-up dan sit-up. Tapi tetap dengan catatan cara ini harus Anda lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang diharapkan. Anda bisa melakukan push-up 10 kali kemudian sit-up 10 kali.

Hal ini ampuh untuk mengecilkan perut buncit Anda karena dapat membakar lemak perut. Untuk mendapat perut rata kembali dalam waktu yang singkat, Anda bisa menambah intensitas banyaknya Anda melakukan cara ini. Perlu Anda ketahui, jika Anda melakukan push-up dan sit-up ini ketika pagi hari dapat mengontrol nafsu makan karena menimbulkan rasa mudah kenyang.

2 dari 11 halaman

Cardio

Agar mendapat perut yang rata kembali Anda juga bisa melakukan cardio. Cara mengecilkan perut buncit cardio ini adalah jenis latihan dengan melibatkan hampir dari semua anggota tubuh Anda seperti berenang, bersepeda dan berlari dan lainnya. Dengan Anda melakukan cardio maka otot-otot di tubuh akan bekerja mulai dari otot betis, paha, punggung, otot perut, pundak dan lengan.

3 dari 11 halaman

Yoga

Cara menghilangkan perut buncit selanjutnya adalah dengan melakukan yoga. Yoga adalah olahraga dengan memusatkan kekuatan, kelenturan dan pernapasan. Yoga mampu menghilangkan gas di dalam perut yang berlebihan, dengan begitu maka pencernaan Anda akan menjadi lancar dan lipatan yang ada di perut menghilang, hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di India.

Ketika Anda melatih tubuh agar selaras dengan pikiran maka rasa rileks akan Anda rasakan, kondisi ini dapat memacu tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu Anda untuk membakar lemak secara efektif.

4 dari 11 halaman

Meminum Jahe madu

Mengecilkan perut buncit tidak akan efektif jika tidak didukung dengan mengonsumsi bahan-bahan alami. Salah satunya adalah jahe madu. Jahe ini secara alami dapat menekan nafsu makan, maka Anda akan merasa tidak gampang lapar. Sedangkan madu dari dulu memang sangat dikenal khasiat dan manfaatnya untuk mengatasi beberapa penyakit.

Madu ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit karena mengandung zat fruktosa yang dapat membakar lemak tubuh tak langsung. Cara membuatnya amat mudah dengan mencampurkan 3 sdm madu dan 2 sdm jahe yang sudah diperas dan seduh dengan air panas. Konsumsilah sebanyak dua kali dalam sehari.

5 dari 11 halaman

Meminum Teh Hijau

Sejak dulu teh hijau memang dipercaya merupakan suatu cara untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut secara alami. Jika Anda ingin usaha Anda maksimal, minumlah teh hijau ini dengan rutin sebelum Anda makan. Untuk meminumnya pastikan Anda tidak menambahkan gula ke dalam teh hijau ini.

Meminum teh hijau sebelum makan dapat menimbulkan rasa kenyang dan otomatis akan mengurangi porsi Anda ketika makan. Selain itu, teh hijau akan membuat proses metabolisme tubuh menjadi lancar, hal ini termasuk menghilangkan lemak tubuh yang lain dan metabolisme lemak perut. Manfaat lain ketika Anda meminum teh hijau adalah mencegah kanker dan bisa menurunkan kolesterol LDL jahat dalam tubuh Anda.

6 dari 11 halaman

Meminum Teh Jeruk Nipis

Tidak hanya teh hijau, ternyata teh biasa dengan campuran sedikit perasan jeruk nipis dapat membantu Anda untuk mengecilkan perut buncit. Caranya sangat mudah, dengan menyiapkan sekantung teh atau 3 sendok teh dan tambahan jeruk nipis serta air panas. Kemudian seduh tehnya dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalam. Anda harus mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

7 dari 11 halaman

Diet

Berikutnya Anda juga dapat melakukan diet untuk mengecilkan perut buncit. Bukanlah diet ketat yang harus Anda lakukan, bukan juga harus mengurangi frekuensi makan yang biasa Anda makan sebanyak 3 kali sehari menjadi 2 kali bahkan makan hanya 1 kali sehari.

Diet yang perlu Anda lakukan disini adalah mengatur pola makan dari segi makanan, porsinya dan waktu. Dengan begitu Anda dapat mengecilkan perut buncit.

8 dari 11 halaman

Jangan Makan Sebelum Tidur

Hal yang paling signifikan membuat perut buncit adalah makan sebelum tidur. Karena organ Anda membutuhkan waktu untuk memproses makanan yang dimakan. Setidaknya diperlukan waktu 2 jam untuk memproses makanan ini.

Jadi usahakan jangan makan ketika Anda sudah mau tidur, ini akan membuat perut membuncit. Jika tidak ingin terjadi pada perut Anda, maka hindari makan sebelum tidur.

9 dari 11 halaman

Mengindari Makanan Terlalu Manis

Jika tidak ingin memiliki perut buncit maka Anda harus benar-benar menghindari makanan dengan kadar gula yang terlalu tinggi. Perlu diketahui, terdapat 2 macam gula pada makanan yaitu fruktosa dan glukosa. Fruktosa ini hanya dapat di metabolisme oleh hati dengan takaran tertentu.

Dengan mengonsumsi makanan yang terlalu manis dan otomatis kadar gulanya terlalu tinggi, fruktosa yang tidak bisa di cerna oleh hati akan berubah menjadi lemak yang mengumpul dalam perut Anda.

10 dari 11 halaman

Banyak Mengonsumsi Sayur-Mayur dan Buah

Cara selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayur-mayur dan juga buah. Karena mereka adalah makanan yang sangat tinggi serat namun rendah lemak dan kalori. Dengan memiliki kandungan serat tinggi dapat membuatnya mengikat air sehingga proses pencernaan anda berjalan lancar dan dapat melarutkan lemak.

Penelitian telah mencatat, mengonsumsi 14 gram serat setiap hari dapat menurunkan kalori Anda sebanyak 10 persen dan ampuh mengurangi lemak hingga 4 persen yang terdapat dalam perut.

11 dari 11 halaman

Banyak Minum Air Putih

Sudah tidak diragukan bahwa air putih memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan kita. Dengan banyak minum air putih ternyata dapat mengecilkan perut buncit.

Disarankan untuk minum air putih sebanyak 1.8 liter perharinya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Air putih ini berguna untuk membantu tubuh untuk membersihkan kotoran menumpuk di dalam tubuh.

[bil]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini