Pesona Air Terjun Takapala di Gowa, Menawan dengan Kolam Menyegarkan

Selasa, 15 Juni 2021 15:30 Reporter : Ibrahim Hasan
Pesona Air Terjun Takapala di Gowa, Menawan dengan Kolam Menyegarkan Pesona Air Terjun Takapala di Gowa. ©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Merdeka.com - Kabupaten Gowa selalu menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Didomninasi dengan pegunungan dengan aliran sungai yang malang melintang. Pesonanya bertambah dengan keberadaan air terjunnya yang melimpah. Salah satunya Air Terjun Takapala. Berada di Desa Bonto Lerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Air terjun Takapala menjulang di muka tebing yang tinggi. Dasar air terjun terdapat kolam tempat air berjatuhan. Wisatawan sering menikmatinya dengan bermain air dan berendam. Airnya begitu menyejukkan mengalir dari pegunungan. Kesejukan dan pesonanya menjadi penawar penat di perkotaan.

Gemricik air berwarna putih bak kapas yang berjatuhan. Menuruni tebing indah dengan sejarah pembentukannya yang menakjubkan. Berada di ketinggian 900 mdpl menambah suasana kesejukan yang khas.

pesona air terjun takapala di gowa

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Cipratan air terjun membiaskan cahaya matahari hingga terjadilah pelangi. Pemandangan menawan melengkapi keindahan Air Terjun Takapala. Kolamnya yang jernih akan menarikmu untuk bermain air. Berendam di kolam ini bak sebuah potongan surga dengan kesegarannya.

Sesekali dekati tempat jatuhnya air terjun. Sensasinya bagaikan dipijat dengan kucuran air yang berjatuhan. Namun kamu hanya bisa melakukannya saat musim kemarau. Musim hujan akan meningkatkan debit air. Dapat melukai diri sehingga diwajibkan berhati-hati.

Kolam Air Terjun Takapala dikelilingi dengan bebatuan. Sangat cocok untuk bersantai setelah cukup lama berandam. Tentunya sembari menikmati keagungan air terjun tinggi menjulang. Jangan lupa, abadikan momen dengan berfoto berlatar Air Terjun Takapala.

pesona air terjun takapala di gowa

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Air Terjun Takapala memiliki ketinggian 109 meter. Dikelilingi dengan tebing dan pepohonan yang rindang. Suasana sejuk menyelimuti membuat betah dan ingin berlama-lama di Air Terjun Takapala. Tak hanya airnya, beberapa sisi tebing punya bentuk yang menawan.

Bebatuan penyusun tebing terbentuk secara menakjubkan. Dikenal dengan jenis batuan columnar joint. Jenis batu ini terbentuk akibat leburan magma yang telah lama mendingin. Bentuknya berkolom-kolom memanjang secara vertikal.

Benar saja, lokasi Air Terjun Takapala berada dekat dengan Gunung Bawakaraeng
dan juga Gunung Lompobattang. Magma yang muncul ke permukaan tanah membeku hingga menghasilkan mahakarya indah.

pesona air terjun takapala di gowa

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Tak hanya itu, di kaki air terjun terdapat sebuah gua yang begitu eksotis. Kamu bisa memasukinya. Disarankan menjajalnya ketika musim kemarau. Pasalnya gua kecil ini berada di balik jatuhan air terjun. Memasukinya seolah tertutup oleh tirai di balik air terjun. Sebuah sensasi yang langka dan bisa kamu dapatkan saat berada di Air Terjun Takapala.

Lelah pasti melanda, begitupula lapar. Jangan khawatir, aneka warung warga siap menyediakan menu pereda lapar dan dahaga. Aneka camilan gorengan hingga kopi panas siap menghangatkanmu seusai bermain di Air Terjun Takapala.

pesona air terjun takapala di gowa

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar


Selain itu, fasilitas tempat ibadah, tempat parkir hingga toilet melengkapi air terjun ini. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 3 ribu untuk menikmati pesona Takapala. Selain itu, penginapan juga disediakan jika ingin bermalam di pinggiran Air Terjun Takapala.

Lokasinya berada di 1 jam perjalanan dari pusat kota Gowa. Dengan jalan berupa perbukitan dan pegunungan yang begitu menyejukkan.


[Ibr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Picture First
  3. Gowa
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini