Mengenal Kuliner Khas Sumba Timur yang Siap Memanjakan Lidah Wisatawan

Jumat, 29 Oktober 2021 15:40 Reporter : Haris Kurniawan
Mengenal Kuliner Khas Sumba Timur yang Siap Memanjakan Lidah Wisatawan Kuliner Sumba Timur. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - Selain terkenal karena keindahan alam dan kekayaan budayanya, Sumba Timur memiliki ragam kulinernya seperti kaparak, manggulu, kacang-kacangan yang dapat dinikmati wisatawan.

Berkunjung ke Kabupaten Sumba Timur sepertinya kurang lengkap tanpa mencicipi aneka kuliner yang sangat lezat dan berbagai cita rasa. Berbagai kuliner khas yang terbuat dari olahan kekayaan alam Sumba Timur. Kuliner khas Sumba Timur pun sangat lengkap.

kuliner sumba timur
©2021 Istimewa

Sup Ayam Kampung yang khas, urab, hingga hidangan laut yang memang terkenal dari Sumba Timur siap menggugah selera wisatawan.

Salah satu yang khas dari Sumba Timur adalah Manggulu. Manggulu adalah makan khas dari daerah Sumba Timur, Provinsi NTT. Manggulu mempunyai rasa yang sedikit asam tapi ada manisnya, bagi Anda yang baru pertama kali mencobanya pasti anda akan mengangap kalau Manggulu adalah pisang basi, sebenarnya tidak karena manggulu di buat dari pisang, gula merah dan kacang tanah.

Cara membuatnya pun sangatlah mudah, pisang cukup di jemur sampai 3 hari, kemudian goreng kacang tanah tanpa menggunakan minyak, dan siapkan gula merah. Setelah semua bahan sudah disiapkan, tumbuklah pisang dengan menggunakan alu ketika sudah sedikit hancur tarulah kacang tanah dan gula merah tadi, tumbuklah hingga ketiga bahan tadi tercampur dengan rata dan benar- benar menyatu.

kuliner sumba timur
©2021 Istimewa

Setelah semua bahan tercampur dengan rata angkat, lalu bentuklah memanjang dengan menggunakan tangan dan bungkuslah dengan daun pisang atau daun lontar, dan manggulu sudah siap di sajikan. Bagi kebanyakan masyarakat Sumba pastinya sangat menyukai makanan ini.

Adapun beberapa wisatawan baik wisatawan lokal dan mancanegara yang sudah mencoba Manggulu dan menyukainya dan adapun yang tidak menyukainya, semuanya kembali kepda selera anda masing- masing.

Tapi bagi anda yang inign mencobanya dan membuat sendri dirumah atau bahkan ingin mencoba membuka usaha kuliner tradisional mungkin anda dapat mencoba resep makan tradisional yang satu ini.

Salah satu olahan jagung terkenal dari Sumba yaitu kaparak. Kaparak diolah dari jagung tumbuk, atau bisa juga beras dan sagu, kemudian digoreng tanpa minyak atau tehnik pengolahan sangrai.

Dicampur juga dengan kacang tumbuk, kelapa dan gula pasir. Bahan-bahan disangrai hingga matang atau warna berubah kekuning-kuningan dan menggumpal. Setelah itu baru diangkat dan sudah bisa dinikmati. Meski berbahan dan pengolahannya cukup sederhana, kaparak diakui merupakan makanan yang enak.

kuliner sumba timur
©2021 Istimewa

Di Sumba, kaparak dinikmati tak terbatas waktu atau dikonsumsi kapan saja seperti nasi. Namun paling pas dinikmati sebagai menu sarapan bersama kopi atau teh. Selain sebagai makanan rumah, kini kaparak juga mulai dikembangkan sebagai olah-oleh untuk para pelancong karena bisa tahan sangat lama.

Lalu apa saja kuliner lain dari Sumba Timur, simak video berikut:

[hrs]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Berita Dinpar Sumba Timur
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini