11 Makanan Khas Kalimantan Timur, Nama Unik dan Layak Dicoba

Kamis, 14 November 2019 12:02 Reporter : Kurnia Azizah
11 Makanan Khas Kalimantan Timur, Nama Unik dan Layak Dicoba Ilustrasi sate. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/szefei

Merdeka.com - Kalimantan Timur dikenal sebagai pulau Borneo. Namanya semakin tenar sejak meluncurnya film Anaconda-The Hunt of Blood Orchird (2004) yang mengambil latar hutan lebat kala itu.

Tidak sedikit suku Jawa yang tinggal di Kalimantan Timur dan menjadi mayoritas di sana, sebagai puncak etnis tertinggi. Adanya program transmigrasi sebagai penyeimbang dan keselarasan tenaga kerja kala itu, hingga turun temurun hingga saat ini.

Kalimantan Timur memiliki ciri khas unik, meskipun banyak etnis Jawa, bukan berarti adat dan makanannya menjadi dominan di sana. Beberapa makanan khas daerah Kalimantan Timur ada yang sudah terlahir sejak Kerajaan Kutai berkuasa.

Bukankah menarik berwisata di wilayah yang memiliki banyak sejarah kesultanan dan mayoritas hutan hujan tropis? Sudah pasti yang namanya pelesir ke tempat baru, harus mencoba makanan khas di tempat tersebut.

Makanan khas daerah Kalimantan Timur ada banyak, namun ada sebagian yang memiliki nama unik dan tidak ada di daerah lain, mari kita simak:

1 dari 8 halaman

Ayam Cincane

Ilustrasi Ayam Cincane

Olahan daging ayam yang lembut ini pasti langsung menggoda selera, karena menggunakan ayam kampung yang mampu memunculkan rasa gurih alami.

Ayam cincane diolah seperti ayam bakar, namun memiliki perbedaan kuat pada bumbu rempah-rempah yang digunakan sebelumnya. Anda akan menemukan cita rasa lengkuas, kemiri, dan jahe yang bikin makin nampol di lidah.

Makanan khas daerah Kalimantan Timur khususnya Kota Samarinda ini, dahulunya hanya tersaji ketika acara-acara penting saja, seperti pernikahan, hajatan, atau kelahiran. Namun saat ini Anda bisa menikmati ayam bakar khas Samarinda ini di berbagai restoran di Kalimantan Timur.

2 dari 8 halaman

Sayur Asam Kutai

Ilustrasi Sayur Asam Kutai

Seperti yang telah dikutip sebelumnya, Kerajaan Kutai sebagai kesultanan terbesar dan melegenda hingga sekarang. Sayur asam menjadi khasnya di Indonesia karena mudah dijumpai di seluruh kota, namun Sayur Asam Kutai ini memiliki komposisi yang berbeda daripada yang lain.

Makanan khas daerah Kalimantan Timur ini menggunakan kepala ikan gabus sebagai bahan utamanya. Rasa asamnya pun berasal dari asam sunti, dan semakin dipernikmat dengan rempah-rempah, serta ubi manis di dalamnya.

3 dari 8 halaman

Sate Payau

Ilustrasi Sate Payau

Biasanya akan mudah menemukan sate ayam maupun sate kambing. Makanan khas daerah Kalimantan Timur yang satu ini bakal bikin geleng-geleng, karena anti-mainstream sate ini berbahan dasar utama daging rusa.

Saat ini sate payau hanya dapat dijumpai ketika acara penting ketika festival atau upacara adat di Kalimantan Timur, karena di Indonesia rusa termasuk hewan yang dilindungi.

4 dari 8 halaman

Gangan Manok

Ilustrasi Gangan Manok

Jika anda melihat makanan khas daerah Kalimantan Timur ini sekilas saja, pasti terbesit kata bakso. Makanan ini memang nampak sama dengan bakso namun memiliki bahan dasar utama yang berbeda, yaitu ayam dengan kaldu kuah ayam yang kental. Kemudian tambahkan irisan bayam dan oyong sebagai pelengkap gizinya.

5 dari 8 halaman

Pisang Gapit

Ilustrasi Pisang Gapit

Makanan khas daerah Kalimantan Timur ini mudah Anda peroleh di pinggir-pinggir jalan daerah Samarinda.

Berasal dari kata gapit yang artinya jepit, dari Bahasa Kutai ini berbahan dasar pisang yang setengah matang. Pembuatannya pun mudah, pisang digapit dan ditekan sampai pipih, dibakar, kemudian dicampur dengan saus spesial.

6. Kue Gegicak

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, karena terbuat dari tepung kentan putih. Menggunakan pewarna alami dari daun pandan, sehingga nampak mirip dengan kue klepon Jawa.

Perbedaannya sendiri ialah kue gegicak setelah matang dikukus, kemudian ditaburi kelapa muda parut dan diakhiri dengan siraman gula jawa yang memecah manis di lidah.

6 dari 8 halaman

Nasi Bekepor

Inilah nasi liwet versi Kalimantan Timur yang cocok disajikan bersama Sayur Asam Kutai. Makanan khas daerah Kalimantan Timur ini menggunakan nasi putih yang dicampur dengan rempah-rempah, kemudian dimasak menggunakan ketel yang terbuat dari tanah liat.

Nasi bekepor baru boleh diangkat kalau pinggirannya sudah berkerak, lalu disajikan Bersama ikan asin, kemangi, cabai, dan jeruk nipis.

8. Bobongko

Jajanan berbalut daun pisang, unik bukan Namanya Bobongko. Makanan khas daerah Kalimantan Timur ini sering disuguhkan ketika acara beseprah (ritual sarapan besar) dan di hari pernikahan.

Bobongko dibuat menggunakan tepung, gula merah cair, dan santan kental. Setelah matang dikukus, aroma sedap manis dan gurihnya akan langsung meruak masuk.

7 dari 8 halaman

Daging Masak Bumi Hangus

Ilustrasi Daging Masak Bumi Hangus

Makanan khas daerah Kalimantan Timur yang unik selanjutnya ialah daging masak bumi hangus yang terbuat dari daging sapi yang dimasak cukup lama.

Daging sapi dicampur dengan pala, merica, kecap, bawang bombay, dan sebagainya, hingga berubah warna kehitaman. Sudah pasti layak dicoba, terutama bagi anda pecinta kuliner.

10. Gence Ruan

Nama yang unik ini berasal dari kata haruan atau ikan gabus dan gence adalah bumbu spesial yang dituangkan di atasnya. Proses memasaknya pun cukup mudah, ikan gabus yang sudah dilumuri dengan garam cukup digoreng atau dibakar hingga matang. Kemudian tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan dan ditumis, berupa cabai merah, bawang putih, bawang merah, serta air asam jawa.

8 dari 8 halaman

Rabo Ruan

Ilustrasi Rabo Ruan

Anda pasti pernah mencicipi abon sapi bukan? Nah rabo ruan ini memiliki tekstur yang mirip dengan abon, namun memiliki bahan dasar ikan gabus yang dikukus setengah matang. Kemudian daging ikan disuwir-suwir, dicampur bumbu-bumbu, dan dimasak bersama santan dengan api kecil.

Sangat cocok nih dinikmati bersama nasi panas dan sambal pedas.
Berbagai makanan khas daerah Kalimantan Timur memiliki ragam yang berbeda dengan provinsi lain. Keunikan itulah yang patut Anda kenali dan jelajahi ketika berkunjung ke Kalimantan Timur.

[kur]
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini