Twitter Uji Coba Fitur Sembunyikan Reply Cuitan

Rabu, 25 September 2019 11:21 Reporter : Indra Cahya
Twitter Uji Coba Fitur Sembunyikan Reply Cuitan Ilustrasi Twitter. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Jejaring sosial berbasis microblog Twitter kini sedang melakukan uji coba fitur penyembunyian reply cuitan.

Disebut bahwa uji coba ini telah digulirkan di Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang. Meski disembunyikan, cuitan balasan itu bisa dilihat oleh siapa pun yang ingin membacanya.

Mengutip Phone Arena via Tekno Liputan6.com, opsi ini akan muncul pada tweet original alias tweet induk, hanya jika ada balasan tersembunyi untuk diakses. Pembuat asli tweet yang memutuskan untuk menyembunyikan balasan kapan saja.

Untuk menyembunyikan balasan, pembuat cuitan bisa mengetap ikon V yang ditemukan pada bagian balasan. Mereka kemudian bisa memilih opsi sembunyikan balasan dan mengkonfirmasi.

Untuk melihat balasan yang telah disembunyikan, pembuat tweet bisa mengetap ikon balasan disembunyikan yang ada di kanan bawah cuitan induk.

Jika akun lain yang membalas cuitan tersembunyi, cuitan yang tersembunyi itu akan digantikan dengan pemberitahuan bahwa tweet tidak tersedia.

1 dari 2 halaman

Diuji di Android dan iOS

Twitter menyebut, saat ini uji coba dilakukan baik di aplikasi Twitter for Android dan Twitter for iOS, juga di Twitter.com.

Pengujian fitur sembunyikan balasan ini akan berlangsung selama beberapa minggu. Menariknya, setelah menjalankan tes fitur ini di Kanada, pengguna Twitter menyebut mereka lebih memilih untuk mempertimbangkan bagaimana mereka menanggapi cuitan setelah menyembunyikan jawaban.

Twitter mengatakan, 27 persen penggunanya memakai fitur ini selama pengujian. Oleh karena itu, menurut Twitter, mereka akan mempertimbangkan kembali bagaimana mereka menanggapi orang lain di Twitter pada masa depan.

2 dari 2 halaman

Alasan Sembunyikan Tweet

Para pengguna yang mengunggah tweet mengatakan, alasan mereka menyembunyikan balasan karena "dianggap tidak relevan, kasar, atau tidak dapat dipahami."

Beberapa orang menyebut, menyembunyikan tweet balasan dapat membuat kebingungan atau frustasi.

Mereka yang memutuskan menyembunyikan balasan akan ditanya oleh Twitter, apakah ingin memblokir akun yang membalas tweet atau tidak.

Hal ini dikarenakan memblokir akun dianggap kebih dapat mengurangi ketegangan ketimbang sekadar menyembunyikan.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustin Setyo Wardani [idc]

Baca juga:
Bukan Facebook atau Google, ini Perusahaan Pemberi Gaji Terbesar
Akun CEO Twitter Diretas, Cuitkan Hinaan Rasis
Twitter Akuisisi Lightwell
Twitter, Facebook Tuding China Galang Kampanye Mencela Demonstran Hong Kong
Ikuti Akun Twitter Orang Terkaya ini, Anda Bisa Dapat Rp1,4 juta

Topik berita Terkait:
  1. Twitter
  2. Media Sosial
  3. Jejaring Sosial
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini