[Test] Kecepatan unduh dan unggah Google Drive lebih unggul

Sabtu, 30 Maret 2013 12:25 Reporter : Dwi Andi Susanto
[Test] Kecepatan unduh dan unggah Google Drive lebih unggul Cloud Service © 2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Dari tahun 2012 kemarin, jasa layanan cloud perlahan menunjukkan tajinya. Banyak produk dari pelbagai perusahaan. Kira-kira cloud mana yang lebih cepat dalam pengoperasiannya?

Sebuah uji coba kecil-kecilan dilakukan oleh tim dari Mashable (26/03) baru-baru ini. Dalam uji cobanya tersebut, mereka mencoba mengetahui layanan cloud manakah yang lebih cepat untuk saat ini.

Dalam uji coba ini, tim Mashabel menggunakan layanan cloud dari Mega, Google Drive, SkyDrive, DropBox dan SugarSync. Untuk menguji kecepatannya secara adil, tim Mashable mengunggah sebuah folder yang di dalamnya berisi foto, musik dan video dalam format konversi (zip) sebesar 300MB ke ke-5 layanan cloud itu.

Selain melakukan pengunggahan, tim Mashable juga melakukan uji coba pengunduhan sebagai pembanding kecepatannya.

Setelah proses dilakukan, ternyata dari ke-5 layanan tersebut, Google Drive boleh dikatakan sebagai pemenangnya. Walaupun untuk pengunggahan masih kalah dengan SkyDrive, namun secara keseluruhan, Google Drive masih lebih unggul.

Yang perlu dicermati adalah pengujian ini dilakukan dengan menggunakan jaringan internet Amerika Serikat yang tentunya masih lebih cepat dibandingkan dengan Indonesia.

So, mengesampingkan koneksitas internetnya, Google Drive menawarkan hal yang lebih dibandingkan dengan ke-4 kompetitornya. [das]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini