Repot bersihkan rumah? Robot kecil ini bisa bantu dengan senang hati

Kamis, 17 September 2015 02:02 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Repot bersihkan rumah? Robot kecil ini bisa bantu dengan senang hati roomba 980. ©2015 spectrum.ieee.org

Merdeka.com - Vacum cleaner atau pembersih debu, memang kini semakin canggih. Dari segi bentuk dan fungsinya, pembersih debu yang dulu berbeda dengan pembersih debu yang sekarang. Pembersih debu kini bisa melihat 'zona' yang ada di sekitarnya. Mereka bisa berjalan sendiri untuk membersihkan debu dan tidak menabrak barang-barang.

Namun, ada sebuah perusahaan yang memperkenalkan robot baru, iRobot Roomba 980, yang diklaim lebih canggih dari pada pembersih debu yang ada sekarang. Robot yang diberi nama Roobot 980 ini, cukup pintar untuk memetakan lantai ruang tamu dan seluruh ruangan di rumah.

Roobot ini bisa dengan mudah beradaptasi. Alat ini bisa menghindari barang-barang, seperti lemari, meja, kursi, dan bisa berpindah dengan mudah dari karpet ke lantai. Bentuknya yang kecil memungkinkan Roomba 980 untuk membersihkan bawah lemari, bagian bawah tempat tiru, meja, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Roomba 980 ini juga bisa terhubung ke internet. Tetapi, untuk apa?

Dengan terhubung ke awan, pengguna bisa mengontrol pembersih debu ini melalui aplikasi Home. Hal ini membuat Anda bisa menyuruh robot membersihkan rumah, walaupun Anda tidak sedang di rumah.

Anda juga bisa menjadwalkan kapan dan jam berapa Rooba 980 ini akan membersihkan rumah dengan aplikasi Hone. Alat itu akan bekerja sendiri sesuai perintah Anda hanya dengan melalui sebuah aplikasi di perangkat mobile.

Jika selesai membersihkan seluruh rumah, Roomba 980 ini bisa kembali ke tempat dia mengisi daya secara otomatis. Sangat praktis bukan?

Namun, pihak perusahaan membanderol vacum cleaner ini dengan harga yang mahal. Anda baru bisa mendapatkan Roomba 980 ini dengan harga Rp 12,9 juta.

Sumber: Uber Gizmo

[lar]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
  2. Robot
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini