Kompas, salah satu temuan besar bangsa China

Senin, 22 Juli 2013 17:02 Reporter : Dwi Zain Musofa
Kompas. ©2013 Clker.com

Merdeka.com - Kompas merupakan alat penunjuk navigasi yang memiliki kedudukan yang sangat penting sampai sekarang.

Kompas dibutuhkan baik saat melakukan perjalanan darat, laut, udara. Namun, tahukah Anda dari mana asal mula kompas ini tercipta?

Catatan sejarah menyebutkan jika kompas pertama kali diciptakan oleh bangsa China. Pada awal penemuannya, kompas ditemukan oleh penambang China berupa batuan alam bersifat magnetik alami yang bisa menunjukkan arah utara dengan tepat.

Sedangkan kompas yang sudah berbentuk jarum penunjuk ke empat arah yaitu utara, selatan, barat, dan timur pertama kali ditemukan oleh Shen Kuo di masa Dinasti Song atau tahun 1086.

Setelah itu, alat penunjuk arah ini diperkenalkan ke seluruh dunia dengan menyambangi wilayah Arab dan Eropa pada tahun 1127an.

Tercatat jika sebelum kompas ini ditemukan oleh bangsa China, penentuan arah hanya bisa dilakukan dengan bergantung pada bulan atau matahari saja.

Namun setelah ditemukannya kompas oleh bangsa China, masyarakat di kala itu terutama bangsa Eropa bisa menjelajah bumi dengan berlayar lebih jauh dan menemukan dunia baru dengan temuan benua atau pulau-pulau besar di luar benua Eropa.

Saat inipun banyak alat navigasi canggih seperti Google Maps dan GPS yang mana asal usulnya berasal dari kompas buatan China ini. [dzm]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
  2. Jakarta
  3. TekStory
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.