Kemkominfo fasilitasi sekolah coding gratis

Senin, 17 September 2018 13:00 Reporter : Fauzan Jamaludin
Kemkominfo fasilitasi sekolah coding gratis Kominfo Rudiantara. ©2018 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan apresiasi atas penandatanganan kerja sama sekolah coding gratis LAcademie. L Academie ini merupakan yayasan yang mengadposi kurikulum koding dari sekolah 42. Sekolah 42 ini adalah sekolah vokasi di bidang IT yang bermarkas di Paris, Perancis.

Sekolah ini akan dimulai pada September 2019. Menariknya setiap peserta yang mengikutinya tidak diseleksi dari usia atau bahkan latar belakang pendidikan.

"Yang penting lulus tes," ujar Menkominfo usai acara penandatangan kerja sama tersebut di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Senin (17/9).

Sebagaimana diketahui, isu sumber daya manusia tengah menjadi persoalan di seluruh dunia. Bukan hanya di Indonesia. Menkominfo pun sempat mengusulkan kepada pendiri Alibaba, Jack Ma untuk membangun Jack Ma institute di Indonesia. Hal ini dilakukan demi memecahkan persoalan sumber daya manusia.

Sementara itu, Co-Founder LAcademie Guillaume Catala menilai bahwa Indonesia memiliki bibit-bibit professional di dunia teknologi informatikan dan perlu difasilitasi dalam mengasah dan mengembangkan kemampuan mereka.

"Tidak ada syarat khusus atau batasan ijazah. Hanya tes masuk yang perlu diikuti untuk bergabung. Seluruh materi pembelajaran dan evaluasai akan disediakan oleh 42. Kami melanjutkan metode teacher-free namun peer to peer dan project based learning yang sudah berhasil diterapkan oleh 42 di banyak negara lain," kata Olivier Ducourant dari 42. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Menkominfo
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini