Gara-gara Bug, 22 Juta Rating Ratusan App Store Menghilang

Rabu, 6 November 2019 13:08 Reporter : Merdeka
Gara-gara Bug, 22 Juta Rating Ratusan App Store Menghilang App Store. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah bug di App Store telah menyebabkan 22 juta rating bagi ratusan aplikasi iOS hilang. Para pengembang yang terdampak adalah pengembang besar dan kecil, termasuk Microsoft dan Google.

Mengutip Softpedia, Selasa (5/11), bug di App Store itu mendatangkan petaka pada 23-24 Oktober 2019. Hal itu memengaruhi lebih dari 300 aplikasi dari 200 pengembang.

Temuan ini pertama diketahui oleh AppFigures dan dilaporkan oleh TechCrunch.

Analisis mengungkapkan bahwa dalam beberapa kasus, aplikasi kehilangan tak kurang dari 95 persen peringkat mereka di negara tertentu. Misalnya, total 95 pesen rating yang dipublikasikan di Amerika Serikat untuk Hulu langsung menurun gara-gara bug.

Sementara aplikasi milik Microsoft, Dropbox, kehilangan rating 85 persen dari review yang dimilikinya gara-gara bug yang sama.

Kehilangan rating dan review pada aplikasi-aplikasi di iOS ini jadi hal yang sangat disoroti. Selain itu, bug ini menghapuskan rating dan review baik yang bersifat positif maupun negatif.

Aplikasi Starbucks misalnya, kehilangan 1,6 juta rating yang dipublikasikan di App Store.

Sementara, Chase Mobile, Walgreens, Venmo, dan Hulu kehilangan sekitar 1 juta rating.

Hilangnya rating ini tak hanya terjadi di Amerika Serikat, tetapi juga di berbagai negara lain. Namun, menurut AppFigures, tak semua negara kehilangan rating aplikasi iPhone di iOS.

"Amerika Serikat kehilangan 10 juta rating dan terdampak paling parah. Secara global, ada 155 juta negara pasar Apple yang aplikasinya kehilangan rating," kata analis di AppFigures.

Negara-negara lainnya adalah Tiongkok, Inggris, Korea, Rusia, dan Australia dengan jumlah rating yang hilang sebanyak 2,7 juta rating.

"Penting dicatat bahwa sebagian aplikasi individual hanya kehilangan rating di beberapa negara. Ini menunjukkan, bukan hanya kesalahan sederhana, tetapi sesuatu yang lebih disengaja," kata analis tersebut.

Sejauh ini, Apple disebut-sebut telah memperbaiki masalah ini dengan mengembalikan rating dan review yang hilang. Namun hinga saat ini belum diketahui kapan semuanya akan kembali.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Agustin Setyo Wardani [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. Aplikasi Smartphone
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini