Fitur video call WhatsApp sudah di depan mata?

Selasa, 10 Mei 2016 18:34 Reporter : Bramy Biantoro
Fitur video call WhatsApp sudah di depan mata? Ilustrasi WhatsApp. ©2016 vishwagujarat.com

Merdeka.com - Akhir tahun lalu, muncul rumor bila WhatsApp tengah mengembangkan fitur video call atau panggilan video seperti milik Skype. Nah, di bulan Mei ini fitur tersebut disebut sudah siap meluncur.

Seperti yang dilaporkan oleh Phone Arena (09/05), sudah ada beberapa pengguna yang melaporkan memiliki fitur video call di aplikasi WhatsApp-nya. Ini artinya WhatsApp sudah memilih beberapa pengguna untuk beta tes video call. Sehingga kehadiran fitur ini diprediksi tinggal menghitung hari.

video call WhatsApp ©2015 macerkopf.de

Lebih lanjut, panggilan video melalui WiFi dan data seluler. Sebuah jendela kecil di video feed juga memungkinkan Anda melihat gambar Anda sendiri. Mode video bisa diubah apakah ingin menggunakan kamera depan atau belakang. Pengguna juga bisa mematikan mikrofon jika memang diperlukan.

Fitur ini memang bukan hal yang baru dalam dunia aplikasi messenger. Beberapa rival WhatsApp seperti Line, BBM, Facebook Messenger memang sudah menerapkan fitur video call. Namun, fitur ini sangat baru di WhatsApp, karena sebelumnya kita hanya bisa chatting dan telepon saja.

Sebelumnya di bulan April lalu, WhatsApp telah meluncurkan sistem keamanan enkripsi dua jalur (end-to-end encription). Sistem keamanan ini sudah diaktifkan oleh WhatsApp untuk seluruh penggunanya yang berjumlah 1 miliar lebih.

Artinya, apapun merek smartphone Anda, sejadul apapun, WhatsApp yang ada di dalamnya tidak bisa disadap. Enkripsi 'end-to-end' membuat pengirim dan penerima saja yang mengetahui pesan atau percakapan WhatsApp. Bahkan WhatsApp sendiri tidak dapat melihat data penggunanya. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. WhatsApp
  2. Aplikasi Chatting
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini