Dua orang ini tampilkan anatomi manusia dalam bentuk hologram 3D

Kamis, 4 Juli 2013 10:11 Reporter : Sannidya Ayu Andriana
Anatomi hologram 3D. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua orang dosen di Inggris ini menemukan cara yang lebih menarik untuk mempelajari anatomi manusia. Tidak lagi menggunakan PowerPoints, papan tulis, dan alat lainnya yang membosankan.

Kapil Sugand dan Pendro Campos, doktor junior dari St. George's University of London, mempresentasikan gambar hologram yang nampak hidup di seminar tebarunya. Gambar hologram ini disebut HAMLET (Holography-Assisted Medical Lecturing and E-Tutoring).

Presentasi ini menampilkan manifestasi 3D dari ginjal, tengkorak, dan bagian lain dari anatomi manusia dalam bentuk hologram dengan ukuran yang sangat besar.

Tim HAMLET menguji coba cara kuliah baru ini pada mahasiswa kedokteran dan doktor junior dengan menciptakan animasi 3D dari sistem ginjal manusia. Setelah sebelumnya para mahasiswa mengikuti kuliah yang sama namun tanpa animasi. Kemudian mahasiswa tersebut diminta untuk memberikan umpan balik yang akan dinilai, apakah teknologi ini membantu untuk memahami topik pada perkuliahan.

"Rata-rata rentang perhatian adalah hingga 30 menit dalam satu jam kuliah", kata Sugand dalam sebuah pernyataan. "Kami menggunakan teori pendidikan dan membangun animasi dinamis untuk menyederhanakan konsep-konsep abstrak, dan merangsang serta memperpanjang rentang perhatian".

HAMLET dikembangkan melalui kerjasama dengan laboratorium MSK di Imperial College London, yang menyediakan dana untuk animasi, serta bantuan dengan metodologi penelitian.

[sny]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.