2 Langkah Sederhana 'Mengusir' Spyware dari Smartphone

Senin, 3 Oktober 2022 09:09 Reporter : Merdeka
2 Langkah Sederhana 'Mengusir' Spyware dari Smartphone Ilustrasi Spyware. ©2020 techadvisor.co.uk

Merdeka.com - Spyware menjadi momok menakutkan jika sudah masuk ke perangkat smartphone. Dia akan mengintai dan mematai-matai segala aktivitas. Terutama lalu lintas komunikasi yang kerap digunakan. Tujuannya tentu macam-macam, tergantung siapa orang yang ditargetkan.

"Kalau targetnya high pejabat, informasi yang dicari yakni tugas-tugas yang diberikan pimpinan negara kepada dirinya. Pejabat ini kan ada di link tertentu dan circle tertentu. Perang intelijen sebetulnya ada di sini," ujar Pemerhati Keamanan Siber, Tyovan Adiwidagdo kepada Merdeka.com, Senin (3/10).

"Apalagi jelang pemilu ya. Politikus A dan B, di-spying. Ternyata dia main belakang dukung ini itu," tambah pria yang akrab disapa Tyo ini.

Nah, Tyo memberikan tips sederhana terutama bagi orang awam yang menduga smartphone miliknya terkena spyware. Berikut langkah-langkahnya:

1. Uninstal Aplikasi yang Dicurigai

Menurut Tyo, ada jenis-jenis spyware yang menempel di sebuah aplikasi. Maka kita harus uninstall aplikasi yang kita curigai ada spywarenya.

"Kadang kita instal aplikasi di luar play store. Jelas ini rentan. Bahkan aplikasi yang ada di play store sudah ditempeli spyware. Misal kita download aplikasi agar muka kita glowing dan lain sebagainya. Maka aplikasinya harus di-uninstal," kata dia.

2. Factory Reset

Dijelaskan Tyo, Terkadang spyware yang sudah masuk ke smartphone, dia akan berjalan di background. Artinya dia akan menyembunyikan dirinya sendir sampai ada moment yang tepat.

"Jadi Itu sudah masuk di OS. Cara paling gampang adalah factory reset. Ini khusus jenis spyware yang masuk diam-diam dan masuk ke sistem tulang punggung operasi. Karena gini, ada yang aplikasi yang dicurigai tapi gak bisa di-uninstal. Otomatis harus kita factory reset," ungkapnya.

Untuk mereset itu, caranya buka Menu Setting lalu pilih General Management, kemudian klik Reset. Setelah itu, pengguna akan bisa mengklik 'Factory Data Reset’ untuk menghapus semua data yang tersimpan pada smartphone dan mengembalikan smartphone seperti baru lagi.

Dua langkah ini, kata tyo, setidaknya bisa diterapkan oleh orang awam untuk melepaskan spyware dari perangkat smartphone-nya.

2 dari 2 halaman

4 Ciri Utama Jika Smartphone Android Kamu Terinfeksi Spyware

Di era serba digital, terkadang kita lalai terhadap keamanan perangkat utama yang mendukung pekerjaan. Salah satunya smartphone. Tak disadari spyware sudah masuk dan siap mengeksploitasi isi ponsel.

Lantas, seperti apa cara kita mendeteksi smartphone terinfeksi spyware? Avast memberikan ciri-ciri yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

1. Terjadi Perlambatan Kinerja Smartphone

Ketika aplikasi apapun dibuka, membutuhkan waktu yang lebih lama. Kemudian, sistem operasi smartphone Anda tampak bermasalah. Banyak sekali aplikasi yang tak bisa dibuka. Pada akhirnya Anda merasakan kinerja smartphone melambat.

2. Baterai dan Data Lebih Cepat Habis

Perangkat lunak spyware berjalan dengan tenang, bertujuan untuk tetap tersembunyi. Namun, persembunyiannya ini banyak memakan energi baterai dan data ekstra besar. Sehingga, paket data Anda cepat habis.

3. Tiba-tiba Ada Aplikasi Misterius

Biasanya terdapat aplikasi yang muncul dan terinstal di smartphone tanpa kita ketahui. Aplikasi itu ternyata membuat banyak pengaturan berubah, seperti munculnya pop-up yang aneh-aneh. Ini bisa diindikasikan smartphone Anda terjangkit spyware.

4. Smartphone Berasa Panas Berlebihan

Penggunaan telepon normal menyebabkan sedikit kehangatan, tetapi malware dapat menyebabkan telepon Anda menjadi terlalu panas lebih dari biasanya.

[faz]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini