Peran dan Fungsi Perawat di Indonesia, Pahami Tugasnya

Rabu, 24 Agustus 2022 18:13 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Peran dan Fungsi Perawat di Indonesia, Pahami Tugasnya Ilustrasi Dokter dan Pasien. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Peran dan fungsi perawat sangat penting di dunia kesehatan.Peran dan fungsi perawat sebaiknya diketahui, apalagi untuk Anda yang bercita-cita menjadi seorang perawat

Perawat adalah pekerjaan yang sangat mulia karena peran dan tugasnya yaitu membantu orang lain ketika sakit. Peran dan fungsi perawat tak kalah penting dari dokter dan bidan.

Perawat memiliki peran dan fungsi yang sangat beragam. Ini sebanding dengan tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang perawat ketika bekerja. Salah satu peran dan fungsi perawat ialah, perawat sebagai konsultan yang memberikan konsultasi terkait masalah atau tindakan keperawatan yang sesuai kepada klien.

Untuk lebih lanjut, berikut ini Merdeka.com merangkum informasi tentang peran dan fungsi perawat di Indonesia.

2 dari 4 halaman

Peran Perawat

Peran dan fungsi perawat akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. Peran dan fungsi perawat sangat berguna di dunia kesehatan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, peran adalah perangkat tingkah yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan dalam masyarakat.

Selain itu, peran perawat adalah tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain kepada seseorang sesuai dengan tugas atas kedudukan yang dipengaruhi oleh kondisi sosial karena profesi perawat atau di luar profesi.

Untuk mengetahui peran dan fungsi perawat. Berikut peran perawat diansir dari laman ulyaemyu.mahasiswa.unimus.ac.id menurut Konsorsium Ilmu Kesehatan tahun 1989.

1. Pemberi Asuhan Keperawatan

Peran pertama seorang perawat adalah memberi asuhan keperawatan. Ini adalah peran utama dari seorang perawat.

Yaitu memperhatikan kebutuhan dasar manusia dengan memberikan pelayanan keperawatan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan. Pemberi asuhan keperawatan itu mulai dari perawatan yang sederhana dan kompleks.

2. Advokat Pasien

Advokat adalah penasihat atau pembela. Dalam konteks ini, perawat menginterpretasikan berbagai informasi dari pemberi pelayanan dalam pengambilan persetujuan atas tindakan keperawatan yang akan diberikan kepada pasien. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk melindungi dan mempertahankan hak pasien.

3. Pendidik

Peran perawat sebagai pendidik ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan seseorang tentang gejala penyakit dan bahkan sampai kepada tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai kesehatan.

4. Koordinator

Peran selanjutnya adalah koordinator. Koordinator berarti mengarahkan, merencanakan serta mengorganisasi pelayanan kesehatan dari tim kesehatan sehingga dapat memberikan solusi tentang kebutuhan klien terhadap pelayanan kesehatan yang akan didapatkan.

5. Kolaborator

Kolaborator adalah peran perawat yang dilakukan ketika perawat bekerja dengan para petugas kesehatan lainnya seperti dokter, fisioterapis, ahli gizi, dan lain sebagainya untuk mengidentifikasi keperawatan yang diperlukan kepada pasien. Hal ini ditujukan supaya tindakan keperawatan kepada pasien bisa lebih terarah dan tepat.

6. Konsultan

Konsultan adalah peran perawat yang memberikan konsultasi terkait masalah atau tindakan keperawatan yang sesuai kepada klien.

Peran ini dilakukan biasanya atas permintaan pasien dan bertujuan untuk mendapatkan keperawatan yang tepat.

7. Peneliti

Peran selanjutnya adalah peneliti. Selain bertugas dalam ruang lingkup melayani pasien, perawat juga berperan untuk mengadakan perencanaan, bekerja sama, dengan orang lain dalam melakukan penelitian yang sesuai dengan metode pemberian pelayanan keperawatan.

3 dari 4 halaman

Fungsi Perawat

005 siti rutmawati
stemgenex.com

Untuk mengetahui penjelasan peran dan fungsi perawat secara utuh, maka berikut ini adalah fungsi perawat yang perlu Anda ketahui.

1. Fungsi Independen

Fungsi pertama adalah independen. Fungsi ini berarti bahwa perawat tidak memerlukan perintah dokter ketika melakukan tindakan perawatan.

Tindakan ini bersifat mandiri akan tetapi berdasarkan pada ilmu keperawatan. Perawat bertanggung jawab penuh atas apa yang dilakukan dan akibat yang terjadi setelahnya.

2. Fungsi Dependen

Fungsi kedua adalah dependen. Fungsi ini berarti bahwa perawat membantu dokter dalam memberikan pelayanan pengobatan dan tindakan khusus yang menjadi wewenang dokter.

Fungsi ini biasanya berupa pemasangan infus, pemberian obat, dan menyuntik. Namun, bedanya dengan fungsi independen, fungsi perawat yang kedua ini masih menjadi tanggung jawab dokter.

3. Fungsi Interdependen

Fungsi ketiga seorang perawat adalah interdependen. Fungsi perawat ini berarti bahwa perawat menjalankan pekerjaannya berdasar pada kerja sama dengan tim perawat atau tim kesehatan.

Perawat tidak hanya menjalankan tugasnya sendiri akan tetapi juga bekerja sama dengan petugas kesehatan lain untuk menindak dan memberikan pelayanan kesehatan kepada klien yang membutuhkan.

Misalnya seorang perawat yang berkolaborasi dengan tenaga gisi untuk membuat rencana terkait kebutuhan makanan yang diperlukan oleh ibu hamil.

4 dari 4 halaman

Tugas Perawat

Setelah mengetahui peran dan fungsi perawat di Indonesia, maka berikut ini adalah tugas perawat yang perlu Anda ketahui. Perawat memiliki dua tugas utama yaitu tugas utama perawat di rumah sakit dan tugas perawat dalam merawat pasien.

1. Mencatat riwayat medis dan gejala yang dialami oleh pasien.

2. Bekerja sama dengan tim lain dan merencanakan perawatan yang tepat untuk pasien.

3. Mengadvokasi untuk kesehatan dan kesejahteraan pasien.

4. Memantau kesehatan pasien dan mencatat tanda-tanda yang ditampilkan oleh pasien.

5. Memberikan obat dan perawatan yang tepat bagi pasien.

6. Mengoperasikan peralatan medis.

7. Melakukan tes dan mendiagnosa.

8. Memberikan pendidikan kepada pasien tentang cara dalam mengatasi penyakit dengan tepat.

9. Memberikan dukungan kepada pasien yang sedang mengalami sakit.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini