Oleh-oleh Ini Wajib Diburu saat Berlibur ke Medan, Ada Bika Ambon hingga Bolu Meranti

Kamis, 13 Januari 2022 20:12 Reporter : Fatimah Rahmawati
Oleh-oleh Ini Wajib Diburu saat Berlibur ke Medan, Ada Bika Ambon hingga Bolu Meranti Ilustrasi bika ambon. ©Shutterstock

Merdeka.com - Sebagai kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia, Kota Medan menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pelancong untuk berlibur. Kota ini terkenal dengan banyaknya etnis yang hidup harmonis dan saling berdampingan.

Bagi siapa saja yang berkunjung ke Kota Medan, tentu tak akan dibuat bosan. Karena kota ini menyimpan banyak hal yang menarik, mulai dari tempat wisatanya hingga kulinernya.

Setelah puas mengunjungi sederet tempat wisata dan mencoba kuliner yang ada di kota ini, jangan lupa untuk berburu oleh-oleh khas Kota Medan. Di sini ada banyak makanan dan camilan khas yang cocok untuk dibawa pulang ke daerah asal dan dinikmati bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

Lantas, apa saja oleh-oleh khas Kota Medan yang selalu diburu para pelancong untuk dijadikan buah tangan? Simak selengkapnya berikut ini.

2 dari 4 halaman

Bika Ambon

sering dikira dari ambon ini 6 fakta menarik bika ambon asli medan yang melegenda
©2020 Merdeka.com

Siapa yang tak tahu bika ambon? Saking terkenalnya, makanan ini sudah tak asing lagi di telinga kebanyakan masyarakat di Indonesia. Bahkan, bika ambon juga mudah ditemui di daerah lain.

Melansir dari seindotravel, makanan ini merupakan makanan legendaris. Kue tradisional berwarna kuning, berongga, dan sangat kenyal ini menjadi favorit banyak wisatawan. Rasanya pun lezat. Bika ambon sendiri terbuat dari olahan tepung, gula, dan santan.

Rasa yang umum dijual biasanya adalah pandan. Namun, saat ini banyak penjual bika ambon yang mulai menyediakan berbagai varian rasa, seperti cokelat, keju, dan durian.

3 dari 4 halaman

Pancake Durian

pancake durian
©Instagram/oshinfood_drinkstation

Ke Kota Medan rasanya tak lengkap jika tak mencicipi duriannya. Pasalnya, durian Medan terkenal dengan rasanya yang sangat lezat. Selain buah durian yang jadi primadona, olahan durian lainnya yang juga jadi favorit wisatawan yakni pancake durian.

Camilan manis dengan rasa durian yang kuat ini memang sangat menggugah selera. Pancake ini adalah olahan daging durian yang dicampur dengan whipped cream, kemudian dibungkus dengan kulit lembut berwarna-warni yang terbuat dari tepung terigu.

Pancake durian banyak ditemukan di Kota Medan. Harga pancake durian juga relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan buah durian asli. Tentu saja ini bisa jadi alternatif bagi para wisatawan pecinta durian yang ingin menikmati durian khas Medan dengan harga yang lebih murah.

4 dari 4 halaman

Bolu Meranti

oleh oleh ini wajib diburu saat berlibur ke medan ada bika ambon hingga bolu meranti
bolumeranti.co.id ©2022 Merdeka.com

Selain bika ambon, bolu meranti juga menjadi pilihan favorit bagi para wisatawan untuk dijadikan buah tangan. Kue bolu yang sangat lembut ini memang sangat terkenal di Kota Medan.

Dengan rasa yang enak, bolu ini banyak dijual dalam varian rasa bermacam-macam, mulai dari rasa coklat, keju, blueberry, stroberi, nanas kacang dan moka. Namun, yang palign favorit adalah bolu gulung 3-in-1 yang terdiri dari 3 varian rasa.

Untuk harga bolu ini pun terbilang tidak terlalu mahal, biasanya dijual dengan harga Rp60 ribu per kotak. Selain terjangkau, bolu ini juga sangat praktis untuk dibawa ke daerah asal.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini