Langganan Artis hingga Pejabat, Ini Fakta Menarik 3 Warung Soto Legendaris di Medan

Minggu, 2 Januari 2022 15:35 Reporter : Fatimah Rahmawati
Langganan Artis hingga Pejabat, Ini Fakta Menarik 3 Warung Soto Legendaris di Medan ilustrasi soto tanpa santan. Instagram/©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Jalan-jalan ke Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut), jangan sampai kelewatan untuk mencicipi kuliner yang ada di kota tersebut. Pasalnya, kota ini terkenal akan wisata kulinernya yang lezat dan beragam.

Salah satu yang wajib untuk dicoba yakni soto. Di Kota Medan terdapat warung-warung soto legendaris, yang tentu saja untuk soal rasa tak perlu diragukan lagi. Ada Soto Sinar Pagi, Soto Pak Haji dan Soto Kesawan.

Ketiga warung soto tersebut sudah tak asing lagi bagi wisatawan. Pasalnya, warung-warung soto itu sangat terkenal sejak puluhan tahun lalu dan jadi favorit masyarakat Kota Medan.

Bahkan, ketiga warung soto tersebut sering kali dikunjungi oleh para pejabat, bahkan artis-artis ibu kota saat singgah di Kota Medan.

Simak informasinya berikut ini.

2 dari 4 halaman

Soto Sinar Pagi

jadi langganan artis hingga pejabat ini fakta menarik 3 warung soto di medan
makanmana.net ©2022 Merdeka.com

Melansir dari makanmana, salah satu warung soto legendaris di Kota Medan yaitu Soto Sinar Pagi. Terletak di Jalan Sei Deli, Silalas, Kota Medan, warung soto ini sudah ada sejak tahun 1962. Berawal dari warung soto sederhana berupa tenda tanpa nama, kini warung soto ini menjadi salah satu warung soto yang tak pernah sepi pengunjung.

Di antara semua menu yang tersedia, soto daging sapi merupakan sajian yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Kuah sotonya yang kental, dagingnya yang lembut serta tambahan jeroan yang tak amis sama sekali menjadi alasan kenapa tempat ini masih bisa eksis meskipun sudah puluhan tahun berdiri.

Satu porsi Soto Sinar Pagi lengkap dengan nasi dibanderol seharga Rp30 ribu. Saking populernya, tempat ini bahkan pernah dikunjungi oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2019 lalu.

3 dari 4 halaman

Soto Kesawan

jadi langganan artis hingga pejabat ini fakta menarik 3 warung soto di medanmakanmana.net ©2022 Merdeka.com

Terletak di Jalan Ahmad Yani atau tepatnya di depan Tjong A Fie Mansion, Soto Kesawan menjadi warung soto selanjutnya yang juga menjadi favorit masyarakat Kota Medan dan wisatawan.

Melansir dari travelingyuk, pengunjung akan diajak merasakan sensasi makan soto dengan rasa sedikit berbeda di warung soto ini. Jika biasanya soto disajikan dengan menggunakan daging ayam atau sapi, maka di sini pengunjung akan disuguhi hidangan soto dengan daging udang. Menu ini menjadi andalan dan banyak digemari para pengunjung.

Namun, bagi yang tidak terlalu suka atau bahkan alergi udang, tidak perlu khawatir. Warung Soto Kesawan juga menyediakan isian daging ayam. Bahkan pengunjung juga bisa meminta sotonya disajikan dengan campuran dua daging tersebut. 

4 dari 4 halaman

Soto Pak Haji

jadi langganan artis hingga pejabat ini fakta menarik 3 warung soto di medanrestaurantguru.com ©2022 Merdeka.com

Satu lagi warung soto di Medan yang juga terkenal enak. Namanya Soto Pak Haji, yang terletak di Jalan Sun Yat Sen No 101, Sei Rengas I.

Kedai sederhana dengan menu super mewah ini cukup legendaris karena juga sudah buka sejak lebih dari 40 tahun lalu. Bahkan, beberapa pembeli yang datang ke tempat ini kebanyakan adalah pelanggan lama yang tetap setia berkunjung kulineran di warung ini.

Yang jadi menu andalan di warung soto ini yakni soto ayam dan paru yang biasa disantap bersama perkedel yang kering di permukaan dengan dalamnya yang lembut serta seporsi nasi yang dibanderol harga Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per porsinya.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini