Massa Jenis Adalah Pengukuran Massa Satuan Setiap Volume Benda, Berikut Rumusnya

Kamis, 10 Juni 2021 16:30 Reporter : Ani Mardatila
Massa Jenis Adalah Pengukuran Massa Satuan Setiap Volume Benda, Berikut Rumusnya Ilustrasi Archimedes. ©fineartamerica.com

Merdeka.com - Massa jenis adalah ukuran massa per satuan volume benda. Benda yang dimaksud bisa benda berbentuk padat, cair, maupun gas. Sedangkan pengertian massa sendiri adalah ukuran seberapa banyak materi dalam suatu benda. Massa adalah kombinasi dari jumlah atom, kerapatan atom, dan jenis atom dalam suatu benda.

Satuan ukuran massa dilambangkan dalam kilogram (kg). Penting diingat, massa berbeda dengan berat suatu benda. Berat adalah ukuran gaya gravitasi pada suatu benda. Massa suatu benda tidak akan pernah berubah, tetapi berat suatu benda dapat berubah berdasarkan letaknya.

Baik berat, massa, maupun massa jenis adalah sifat fisika dan kerap diajarkan di sekolah dalam pelajaran fisika. Sifat-sifat tersebut bisa untuk mengenali peristiwa sehari-hari, misalnya saja seperti gaya apung yang ditemukan Archimedes.

Ketika Archimedes melangkah ke kolam pemandiannya, dia tidak hanya menyadari bahwa air tumpah di tepinya, tetapi dia juga mengamati sesuatu yang kita semua perhatikan ketika kita pergi berenang, dia merasa lebih ringan.

Kemampuan suatu benda untuk "mengambang" ketika ditempatkan dalam fluida disebut gaya apung, dan hal itu berhubungan dengan massa jenis. Jika suatu benda kurang padat daripada cairan di mana ia ditempatkan, itu akan mengapung. Jika lebih padat dari cairan, itu akan tenggelam.

Berikut rangkuman selengkapnya tentang massa jenis, rumus, beserta manfaat pengetahuan tersebut untuk kehidupan:

Baca Selanjutnya: Rumus Massa Jenis atau Densitas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini