Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Makna Lagu Lir Ilir Karya Sunan Kalijaga, Tumbuhkan Nilai Pendidikan Islam

Makna Lagu Lir Ilir Karya Sunan Kalijaga, Tumbuhkan Nilai Pendidikan Islam Sunan Kalijaga. ©istimewa

Merdeka.com - Makna lagu Lir Ilir perlu dipahami. Bukan hanya lagu biasa, makna lagu Lir Ilir kaya dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam. Lagu Lir Ilir merupakan salah satu lagu dolanan atau lagu daerah Jawa Tengah yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga.

Setiap lagu yang diciptakan Sunan Kalijaga memiliki makna mendalam, tidak terkecuali lagu Lir-Ilir. Sunan Kalijaga menggunakan lagu Lir Ilir sebagai media dakwah agama Islam. Makna lagu Lir Ilir ini dapat menjadi bekal kehidupan bagi manusia. Namun, masih banyak orang yang belum tau makna lagu Lir Ilir.

Banyak orang yang tahu, lagu ini merupakan lagu dolanan anak-anak zaman dahulu.Lagu ini pun kerap dilantunkan anak-anak ketika sedang bermain bersama. Lagu Lir Ilir sudah mulai tergantikan oleh lagu-lagu modern.

Makna lagu Lir Ilir mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang harus dilestarikan. Nilai-nilai ini sangat dibutuhkan bagi manusia untuk menjalani kehidupannya sesuai dengan ajaran Islam.

Sejarah Lagu Lir Ilir

sejarah islam

©2020 https://thephotograph.co.id/

Sebelum mengetahui makna lagu Lir Ilir, ketahui terlebih dahulu sejarah lagu ini.

Sunan Kalijaga menciptakan lagu Lir Ilir ketika kerajaan Majapahit runtuh pada abad ke-16. Setelahnya, agama Islam mulai masuk ke pesisir pulau Jawa. Pada saat itu Walisongo sudah mulai menyebarkan agama Islam ke berbagai daerah di Indonesia.

Media dakwah berupa lagu pun dipilih Sunan Kalijaga agar mudah diterima oleh masyarakat. Alasannya, masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan adanya lagu dolanan sehingga Sunan Kalijaga mengikuti arus tersebut. Makna lagu Lir-Ilir yang dibawa Sunan Kalijaga berharap masyarakat Indonesia dapat dengan mudah menerima agama Islam.

Menurut Sunan Kalijaga, pendekatan dakwah agama Islam yang toleran pada budaya lokal akan membuat masyarakat semakin mendekat pada agama Islam. Pendekatannya pun dilakukan secara bertahap dengan prinsip mengikuti sambil mempengaruhi.

Selain itu, Sunan Kalijaga juga menerapkan prinsip Walisongo dengan filsafat kena iwake ora buthek banyune yang berarti ikan harus ditangkap tanpa membuat air menjadi keruh. Melalui media dakwah yang dilakukan, Sunan Kalijaga tidak ingin menimbulkan konflik dengan kerajaan-kerajaan yang ada sejak dahulu.

Sunan Kalijaga ingin memperbaiki kualitas moral masyarakat Indonesia pada saat itu. Pelan-pelan ajaran agama Islam dapat masuk melalui adat istiadat yang ada. Oleh karena itu, makna lagu Lir Ilir ini sangat dekat dengan pendidikan agama Islam.

Terjemahan Lirik Lagu Lir Ilir

Lir-ilir, lir-ilir

(Bangunlah, bangunlah!)

Tandure wus sumilir

(Tanaman sudah bersemi)

Tak ijo royo-royo

(Demikian menghijau)

Tak sengguh temanten anyar

(Bagaikan pengantin baru)

Cah angon, cah angon

(Anak gembala, anak gembala)

Penekno blimbing kuwi

(Panjatlah (pohon) belimbing itu!)

Lunyu-lunyu penekno

(Biar licin tetaplah kau panjat)

Kanggo mbasuh dodotiro

(Untuk membasuh pakaianmu)

Dodotiro, dodoiro

(Pakaianmu, pakaianmu)

Kumitir bedah ing pinggir

(Terkoyak-koyak di bagian samping)

Dondomono, jlumatono

(Jahitlah, Benahilah!)

Kanggo sebo mengko sore

(Untuk menghadap nanti sore)

Mumpung padhang rembulane

(Mumpung bulan bersinar terang)

Mumpung jembar kalangane

(Mumpung banyak waktu luang)

Yo sorako, sorak iyo!!

(Ayo bersorak lah dengan sorakan Iya!!)

Makna Lagu Lir Ilir

Lagu Lir Ilir memiliki lirik syair yang indah dan makna yang dalam. Makna lagu Lir Ilir mengajarkan tentang hakikat kehidupan. Setiap syair memiliki makna yang berbeda, namun tetap terhubung menjadi satu kesatuan.

Berikut beberapa makna lagu Lir-Ilir yang sangat mendalam.

1. Seruan untuk Bangkit

Makna lagu Lir Ilir ini mengajarkan untuk bangkit yang terdapat pada syair lir-ilir, lir-ilir; tandure wus sumilir. Sunan Kalijaga memberikan seruan untuk mengajak bangkit dari keterpurukan dan malas dalam belajar sehingga setiap orang memiliki kesempatan menjadi pemimpin.

Pemimpin yang dapat membawa makmum (pengikut) ke jalan yang benar dengan berpegang teguh pada Rukun Islam. Bangkit di sini juga berarti keadaan manusia yang bangkit dari keterpurukan setelah mengenal Islam. Selain itu, setiap manusia juga harus memiliki kepribadian yang tangguh dan senantiasa mempersiapkan diri untuk masa depan. 

2. Membawa Kebahagiaan

015 siti rutmawati

©acornfinancialservices.com.au

Syair tak ijo royo-royo; tak sengguh temanten anyar yang mengajarkan ketika kita sudah berdzikir akan menghidupkan pohon yang hijau dan indah.

Hijau sebagai simbol kejayaan Islam dan Islam digambarkan sebagai pengantin baru yang menarik hati banyak orang. Setiap orang yang melihatnya akan bahagia. Harapannya seseorang juga dapat membawa kebahagiaan bagi orang-orang di sekitarnya.

3. Berjuang di Jalan Islam

Sunan Kalijaga mengajak kita untuk berjuang di jalan Islam yang tersirat dalam syair cah angon, cah angon; penekno blimbing kuwi; lunyu-lunyu penekno; kanggo mbasuh dodotiro; dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir; dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore; mumpung padhang rembulane; mumpung jembar kalangane; yo surako, surak iyo. Seperti memanjat pohon belimbing yang licin, seseorang tidak boleh menyerah untuk sampai ke puncak pohon itu.

Dengan mengerahkan seluruh tenaga dan tidak terbawa oleh nafsu dengan tetap berpedoman pada Rukun Islam yang diibaratkan pohon belimbing bergerigi lima. Ibarat pakaian yang dicuci, iman kita juga harus senantiasa menjaga dan memperbaiki agar iman kita tetap bersih.

Kelak ketika dipanggil untuk menghadap Allah seseorang sudah siap dengan bekal yang diperolehnya dari perjuangan-perjuangannya di jalan Islam.

Nilai Pendidikan Islam

Berdasarkan makna lagu Lir Ilir, banyak ditemukan nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya. Nilai ini sangat berguna bagi seseorang agar tetap berpegang teguh pada ajaran agama Islam. Berikut nilai-nilai pendidikan Islam dalam lagu Lir Ilir.

1. Nilai Religius

Terletak pada bait pertama yang berkaitan dengan kesadaran bahwa manusia memiliki multi-hubungan. Hubungan tersebut terdiri atas hubungan dengan dirinya sendiri, Tuhan, orang sekitar, dan alam sekitarnya.

Benih-benih keimanan harus terus ditumbuhkan dengan mengingat Allah dalam kehidupan. Selain itu, aqidah dalam agama Islam perlu dijalankan dengan benar dan yakin. Hal ini akan mendatangkan ketentraman jiwa dalam setiap hati manusia.

2. Nilai Kerja Keras

ilustrasi bekerja keras

©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Andrey Pavlov

Dalam dunia pendidikan, seseorang dituntut untuk memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya. Tentunya proses tersebut tidak berjalan dengan mudah, ada berbagai tantangan berupa tugas-tugas dan materi. Walaupun sulit, seseorang harus menyelesaikannya dengan baik dan benar. Hal ini mengajarkan untuk selalu berusaha dan tidak mudah menyerah.

3. Nilai Akhlak

Manusia memiliki tanggung jawab atas dirinya, orang lain, lingkungan, dan Tuhan. Nilai akhlak dalam lagu Lir Ilir ini mengajarkan untuk bertanggung jawab dengan segala potensi yang didapatnya dalam kehidupan seperti apa saja yang sudah dikerjakannya dalam hidup. Pertanggungjawaban yang dilakukan akan menentukan seseorang memiliki akhlak yang baik atau tidak.

4. Nilai Ibadah

001 tantri setyorini

© Wikimedia Commons/Muhammad Mahdi Karim

Setiap orang memiliki kewajiban untuk beribadah kepada Allah. Kesempatan ruang dan waktu yang diberikan harus digunakan untuk beribadah kepada Allah dengan sebaik-baiknya. Kembali lagi pada hakikat manusia lahir ke dunia adalah untuk beribadah kepada Allah. Setiap ibadah yang kita lakukan juga akan bernilai pahala sebagai jalan menuju surga.

5. Nilai Menghargai Prestasi

Ketika seseorang berhasil mencapai sesuatu, tidak ada salahnya untuk mengekspresikan rasa kesenangannya. Sama halnya dalam makna lagu Lir Ilir, seseorang yang sudah sampai pada puncak belimbing dan berhasil menjalankan Rukun Islam dengan baik, rasa bahagia akan terpancar. Terlebih lagi, surga telah menanti sebagai balasan perbuatan baiknya selama ini.

 

Penulis: Nurul Lutfiyah

(mdk/jen)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Makna Lagu Lir Ilir dan Sejarahnya, Ajarkan Nilai Islami
Makna Lagu Lir Ilir dan Sejarahnya, Ajarkan Nilai Islami

Media dakwah berupa lagu pun dipilih Sunan Kalijaga agar mudah diterima oleh masyarakat. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan adanya lagu dolanan.

Baca Selengkapnya
Kerap Diputar saat Idulfitri, Ini Makna Lagu 'Selamat Lebaran' Karya Ismail Marzuki yang Ternyata Penuh Sindiran
Kerap Diputar saat Idulfitri, Ini Makna Lagu 'Selamat Lebaran' Karya Ismail Marzuki yang Ternyata Penuh Sindiran

Lagu 'Selamat Lebaran' karya Ismail Marzuki ini rupanya berisi sejumlah sindirian

Baca Selengkapnya
70 Pantun Agama Islam Lucu, Menghibur Sekaligus Menebar Ilmu
70 Pantun Agama Islam Lucu, Menghibur Sekaligus Menebar Ilmu

Pantun agama Islam lucu bisa menjadi hiburan sekaligus ajakan untuk beribadah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kisah Lurik Sekar Asri asal Klaten yang Ingin Memanusiakan Manusia
Kisah Lurik Sekar Asri asal Klaten yang Ingin Memanusiakan Manusia

Di balik keindahan kain lurik khas Klaten ini, ada semangat memanusiakan manusia

Baca Selengkapnya
Makna Kalimat Tarji dan Lafaznya, Tenangkan Hati di Tengah Duka
Makna Kalimat Tarji dan Lafaznya, Tenangkan Hati di Tengah Duka

Islam mengajarkan kepada kita untuk bersabar dan ikhlas dalam menghadapi segala ketentuan Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan membaca kalimat tarji.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Belajar dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Bacaan Doa Belajar dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Doa sebelum belajar penting dalam Islam karena membantu untuk memohon keberkahan dan kemudahan dalam memahami ilmu.

Baca Selengkapnya
Dalil Ikhlas dalam Islam Lengkap dengan Artinya, Bisa Dipakai untuk Acuan Amalan
Dalil Ikhlas dalam Islam Lengkap dengan Artinya, Bisa Dipakai untuk Acuan Amalan

Merdeka.com merangkum informasi tentang dalil ikhas dalam Islam lengkap dengan artinya yang bisa dipakai untuk acuan amalan.

Baca Selengkapnya
50 Pantun Islami Lucu untuk Hiburan, Berisi Nasihat dan Pesan Moral
50 Pantun Islami Lucu untuk Hiburan, Berisi Nasihat dan Pesan Moral

Pantun islami lucu bisa menjadi hiburan sekaligus ajakan untuk beribadah.

Baca Selengkapnya
Bacaan Kalimat Tahlil dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim
Bacaan Kalimat Tahlil dan Artinya, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Membaca kalimat tahlil mengingatkan setiap Muslim akan prinsip dasar iman mereka.

Baca Selengkapnya