Macam-macam Pantun Jenaka Beserta Contohnya, dari yang Menghibur hingga Menegur

Sabtu, 24 Oktober 2020 09:01 Reporter : Ani Mardatila
Macam-macam Pantun Jenaka Beserta Contohnya, dari yang Menghibur hingga Menegur ilustrasi tertawa. © filmonic.com

Merdeka.com - Pantun telah mengakar kuat dalam budaya sosial nusantara. Pantun juga berfungsi sebagai ciri khas kebahasaan dan kehidupan masyarakatnya yang tercermin melalui kata, tanda, lambang, atau simbol tertentu.

Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang terdiri dari empat baris. Pantun berasal dari kata patuntun dalam Bahasa Minangkabau yang berarti "penuntun". Dalam Bahasa Jawa, dikenal sebagai parikan, dalam Bahasa Sunda dikenal sebagai sisindiran, serta dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa.

Pantun memiliki ragam jenis yang mengandung pesan sesuai kebutuhan masing-masing situasi dan kepentingan. Di antaranya yaitu pantun nasihat, pantun agama, pantun jenaka, pantun kepahlawanan, pantun percintaan, pantun teka-teki dan masih banyak lagi.

Pantun yang cukup menghibur dan merakyat yaitu pantun jenaka. Pantun jenaka adalah pantun yang bertujuan untuk menghibur orang yang mendengar, kadang pula dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban, sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung, dan diharapkan suasana akan menjadi semakin riang.

Berikut contoh macam-macam pantun jenaka yang menghibur hingga menegur:

Baca Selanjutnya: Macam-macam Pantun Jenaka yang ...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini