Hiatus Adalah Waktu Rehat yang Sering Dilakukan Idol K-pop

Rabu, 13 Oktober 2021 17:40 Reporter : Ani Mardatila
Hiatus Adalah Waktu Rehat yang Sering Dilakukan Idol K-pop K-Pop. ©2018 kapanlagi.com

Merdeka.com - Hiatus adalah waktu rehat. Kata hiatus tentunya sudah tidak asing lagi di telingamu. Hiatus sering digunakan public figure yangsedang akan beristirahat sejenak dari dunia hiburan. Seringkali kata hiatus dijumpai di dunia K-pop, di mana idol Korea memutuskan untuk hiatus. Namun apa sebenarnya arti kata hiatus?

Melansir dari Merriam Webster, hiatus berasal dari 'hiare', kata kerja Latin yang berarti 'menganga' atau 'menguap'. Pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada pertengahan abad ke-16. Awalnya, kata hiatus adalah merujuk pada celah atau bukaan pada sesuatu, seperti bukaan gua di tebing.

Namun pada abad ke-18, Laurence Sterne menggunakan kata itu dengan bercanda dalam novelnya Tristram Shandy, Ia menulis tentang "Hiatus in Phutatorius's breeches." yang berarti Hiatus (jeda) di celana Phutatorius.

Namun sekarang, hiatus biasanya digunakan dalam arti temporal untuk merujuk pada jeda atau interupsi (seperti dalam lagu). Atau periode di mana suatu kegiatan dihentikan sementara (seperti jeda dari mengajar). Berikut Merdeka.com selengkapnya merangkum tentang arti hiatus dan penggunaannya dalam berbagai bidang:

2 dari 3 halaman

Berbagai Penggunaan Kata Hiatus di Berbagai Bidang

Menurut Collins English Dictionary dan American Heritage Unabridged Dictionary of the English Language, kata hiatus adalah kata benda yang mengacu pada sedikit jeda atau celah di mana tidak ada yang terjadi atau sesuatu yang hilang, seperti bagian yang hilang. 

Kata ini dapat digunakan dalam manuskrip atau prosodi, untuk merujuk pada kesinambungan sebuah karya, anatomi, dan banyak bidang lain yang berbeda. Dalam anatomi, ini mengacu pada bukaan alami, celah, atau foramen alami, di bagian tubuh kadang-kadang vulva, atau perforasi melalui tulang atau struktur membran, seperti bukaan di diafragma tempat esofagus dan vagus saraf lewat. 

Hiatus juga digunakan dalam linguistik, fonologi dan tata bahasa untuk merujuk pada pemutusan atau interupsi kontinuitas antara vokal yang berdekatan dalam pengucapan kata, suku kata berurutan, atau kata-kata berturut-turut. 

Konsonan intervensi ini dapat dibandingkan dengan diftong. Kata ini juga dapat digunakan dalam pengobatan untuk merujuk pada pengurangan demam. Kata umum hiatus adalah tiga suku kata hi-a-tus, dan pengucapan hiatus adalah haɪˈeɪtəs. Seseorang dapat mengubah tus menjadi tus untuk membuat hiatus jamak.

3 dari 3 halaman

Penggunaan Hiatus di Korea

Menurut vocabulary.com hiatus adalah kesenjangan, jeda, atau ketidakhadiran sementara bisa disebut hiatus. Saat acara TV favorit Anda hiatus, itu berarti tidak ada episode baru, namun tidak selamanya, hanya sebentar.

Bahkan hal-hal yang berlangsung lama sekali-sekali perlu istirahat: salah satu jenis istirahat adalah hiatus. Jika seseorang harus meninggalkan pekerjaannya untuk sementara waktu, dia akan hiatus. Sebuah band tur perlu mengambil jeda jika penyanyi utama mengalami kecelakaan. Hal utama tentang hiatus adalah gangguan dari sesuatu yang sedang terjadi, tetapi itu bukan jeda permanen.

Dalam industri K-pop arti kata "hiatus" sedikit berbeda dari cara yang digunakan oleh orang Barat. Bahkan, tidak hanya merujuk pada artis yang telah lama hiatus kembali ke dunia musik. Sebagian besar waktu itu mengacu pada grup Kpop atau artis solo (yang sebelumnya merilis single atau album) kembali lagi dengan album/single baru dan mempromosikannya dengan menampilkan lagu di acara TV musik.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini