Fakta Baru Kasus Dugaan Penganiayaan Napi di Lapas Medan, 1 Pegawai Terbukti Pelaku

Jumat, 1 Oktober 2021 13:06 Reporter : Fatimah Rahmawati
Fakta Baru Kasus Dugaan Penganiayaan Napi di Lapas Medan, 1 Pegawai Terbukti Pelaku Viral Diduga Aksi Kekerasan Petugas ke Tahanan di Lapas Medan, Ini Kata Kalapas. Instagram/@sumut.terkini ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Beberapa waktu lalu, viral di media sosial, video yang memperlihatkan adanya dugaan tindak penganiayaan terhadap tahanan atau warga binaan di Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan yang dilakukan oleh petugas Lapas.

Usai video itu viral, pihak Lapas dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatra Utara (Sumut) langsung melakukan penyelidikan.

Sebelumnya, sebanyak 10 orang diperiksa terkait video viral tersebut, terdiri atas delapan orang warga binaan dan dua orang petugas lapas.

Kabarnya, Kemenkumham Sumut telah menetapkan satu orang petugas Lapas sebagai pelaku tindak penganiayaan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut, Imam Suyudi pada Kamis (30/9).

"Satu orang pegawai yang terbukti," kata Imam.

Melansir dari ANTARA, berikut informasi selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Dilakukan Pembinaan

Imam mengatakan, petugas yang telah terbukti melakukan tindak penganiayaan terhadap warga binaan Lapas tersebut saat ini masih menjalani pemeriksaan lanjutan serta pembinaan.

"Kami tarik ke kantor wilayah untuk kami lakukan pembinaan," ujarnya.

Saat ini belum ada informasi lebih lanjut terkait sanksi apa yang akan diberikan kepada petugas tersebut.

Namun, Imam mengatakan pihaknya telah menginstruksikan seluruh pimpinan Lapas untuk lebih optimal dalam memantau keamanan di lingkungan Lapas.

3 dari 4 halaman

Sosialisasi Hak dan Kewajiban Penghuni Lapas

Selain itu, untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, Imam juga meminta pimpinan Lapas untuk terus memberikan sosialisasi kepada para penghuni bagaimana melaksanakan hak dan kewajiban selama berada di Lapas.
 
"Selain melakukan kelengkapan sarana dan prasarana yang sebetulnya tidak maksimal, tapi juga melakukan penguatan kepada pegawai dan penghuni terkait hak-hak. Kalau penghuni berkelakuan baik ada reward dan sebaliknya jika berkelakuan buruk ada punishment," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Viral di Media Sosial

viral diduga aksi kekerasan petugas ke tahanan di lapas medan ini kata kalapasInstagram/@sumut.terkini ©2021 Merdeka.com

Sebelumnya, video viral diunggah oleh akun Instagram @sumut.terkini pada Sabtu (18/9), memperlihatkan seorang pria yang diduga merupakan tahanan di lapas tersebut memperlihatkan kondisi tubuhnya yang dipenuhi oleh luka memar.

Dalam video singkat tersebut, seorang tahanan pria tampak terdapat luka memar di sekujur tubuhnya. Diduga, aksi ini dilakukan oleh petugas lapas.

"Inilah tindakan pegawai Lapas Kelas I Medan. Kami bukan binatang, kami manusia pak. Kami di deren sampai bertahun-tahun cuma gara-gara masalah kecil aja," ujar perekam video.

Tak hanya kekerasan, perekam video juga mengatakan bahwa para tahanan dimintai uang dengan jumlah tertentu untuk bisa keluar dari lapas tersebut. Jika tidak memberi uang, mereka akan dipukuli.

"Diminta uang Rp30 juta, Rp40 juta baru bisa keluar. Kalau enggak kami dipukuli seperti ini, kalau enggak kasih uang," jelasnya.

[far]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tahanan
  3. Penganiayaan
  4. Medan
  5. Sumut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini