Doa Sujud Syukur Beserta Tata Caranya yang Benar

Kamis, 2 Desember 2021 11:01 Reporter : Ani Mardatila
Doa Sujud Syukur Beserta Tata Caranya yang Benar Doa Sujud. Dream.co.id ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan sebagai perwujudan dari rasa syukur yang dilakukan saat hati dan pikiran menyadari betapa besar nikmat yang dianugerahkan oleh Allah SWT. Sujud syukur juga bisa dilakukan karena terhindar dari bahaya kesusahan yang besar.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, yang artinya,

“dari Abu Bakrah ia berkata, bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW apabila datang kepadanya sesuatu yang menggembirakan atau suka, beliau langsung sujud untuk berterima kasih kepada Allah SWT” (HR. Abu Dawud dan AtTarmidzi).

Kemudian, diriwayatkan dari Abdurrahman bin Auf berkata,

"Suatu hari, Rasulullah keluar dari kediamannya. Tiba-tiba, beliau terperangah lalu masuk kembali ke dalam, kemudian beliau menghadap kiblat dan bersujud syukur lama sekali, lalu beliau mengangkat kepalanya dan berkata, ‘Jibril datang kepadaku mengatakan bahwa Allah berkata kepadamu, " Barang siapa membaca shalawat dan salam kepadamu maka Aku mengucapkan shalawat dan salam kepadanya,’ aku bersujud mensyukuri itu." (HR. Ahmad dan Hakim)

Hadis lainnya juga menyebutkan tentang Rasulullah yang sujud syukur saat mendapat kabar menyenangkan.

"Dari Al-Baraa', ia berkata, 'Nabi SAW pernah mengutus Khalid bin Walid kepada penduduk Yaman untuk menyeru mereka kepada Islam, tetapi mereka belum mau masuk Islam. Nabi kemudian mengutus Ali dan memerintahkannya supaya menyusul Khalid. Ali kemudian menulis surat kepada Rasulullah bahwa orang-orang di sana sudah masuk Islam. Maka, setelah membaca surat itu, Rasulullah SAW melakukan sujud syukur'." (HR. Baihaqi)

Mayoritas Ulama berpendapat bahwa sujud sah walaupun dilakukan tanpa berwudhu. Sujud Syukur dapat dilakukan sewaktu-waktu dan secara spontan.

Sujud syukur hanya terdapat di luar shalat. Jika dilakukan di dalam shalat, maka shalatnya batal. Oleh sebab itu berikut merdeka.com merangkum tata cara, niat, beserta doa sujud syukur yang benar sesuai dengan sunnah Rasul:

2 dari 3 halaman

Tata Cara Sujud Syukur yang Benar

Sujud syukur sebagai ibadah sunah biasanya diamalkan ketika mendapatkan rezeki atau kenikmatan dari Allah SWT. Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara sujud syukur yang benar sesuai ajaran Islam:

1. Berwudu.

2. Berdiri menghadap kiblat.

3. Membaca niat sujud syukur seperti di bawah ini:

Nawaitu sujudas syukri Lillahi Ta'aalla

Artinya: "Saya niat sujud syukur karena Allah Ta'aalla"

Bacaan niat sujud syukur tersebut bisa dibaca di dalam hati atau diucapkan secara lirih. Sebenarnya, bagian membaca niat sujud syukur ini tidak terlalu penting. Sebab, tidak ada dalilnya atau dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

4. Melakukan gerakan takbiratul ihram.

5. Melakukan gerakan sujud syukur satu kali.

6. Membaca doa sujud syukur saat dalam posisi masih sujud.

7. Duduk seperti duduk di antara dua sujud.

8. Mengucapkan salam seperti orang selesai salat.

Bacaan Doa Sujud Syukur

Tentang bacaan doa sujud, kita boleh membaca doa sujud apa saja. Berikut ini beberapa bacaan doa sujud syukur yang bisa diamalkan ketika sujud:

  • Membaca tasbih, tahmid, dan tahlil

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung."

  • Membaca doa sujud syukur

Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam'ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin

Artinya: "Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta."

  • Membaca Surat An-Naml ayat 19:

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'laa waalidayya wa-an a'mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibadikash shoolihiin

Artinya: " Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

3 dari 3 halaman

Hikmah Sujud Syukur

Sujud syukur ini merupakan perwujudan dari ungkapan rasa syukur setiap hambanya atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan. Berikut hikmah yang didapatkan saat melaksanakan sujud syukur:

1. Mengingat Allah SWT

2. Ungkapan rasa syukur

3. Bentuk kepasrahan sebagai bentuk berserah diri kepada Allah SWT

4. Semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT

5. Merasa rendah diri dihadapan sang pencipta6. Mengikis rasa sombong

7. Menjauhkan diri dari sikap takabur

8. Menyegarkan otak saat posisi badan sujud dari segi kesehatan

9. Melancarkan sirkulasi arah saat posisi sujud sehingga sirkulasi darah ke otak menjadi lancar

10. Menajamkan akal dan pikiran sehingga meningkatkan konsentrasi.

11. Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah SWT [amd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini