Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Hujan Agar Cepat Reda dan Terhindar dari Bencana

Doa Hujan Agar Cepat Reda dan Terhindar dari Bencana Ilustrasi Musim Hujan. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat ini musim hujan masih melanda sebagian besar wilayah Indonesia. Hujan dengan intensitas ringan, sedang, lebat, hingga disertai angin kencang dan petir seringkali datang di luar prediksi BMKG. Keadaan ini membuat masyarakat khawatir akan terjadinya bencana seperti pohon tumbang, banjir, tanah longsor, dan lainnya.

Mempersiapkan diri menghadapi hujan dengan menjaga kesehatan dan lingkungan menjadi hal yang penting. Selain itu, sebagai muslim yang beriman terdapat amalan baik yang dapat dilakukan. Misalnya, seperti mensyukuri turunnya hujan, berwudu dengan air hujan, tidak mencela hujan, dan mengamalkan doa hujan. Dengan hujan, Allah menurunkan berkah dan rahmat kepada hamba-Nya yang senantiasa berdoa kepada-Nya.

BACA JUGA: Doa Memohon Hujan Reda Sesuai Anjuran Rasulullah

Doa hujan dapat diamalkan baik sebelum, saat, setelah, dan disesuaikan dengan intensitas turunnya hujan. Seseorang yang membacakan doa hujan akan terlindungi dari segala macam bahaya saat turunnya hujan. Turunnya hujan juga termasuk dalam waktu di mana doa-doa dapat cepat terkabul. Oleh karena itu, mengamalkan doa hujan menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan.

Hujan Waktu Mustajab untuk Berdoa

Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan, “Dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu'alaihi wa sallam bersabda,

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

“Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: (1) bertemunya dua pasukan, (2) menjelang sholat dilaksanakan, dan (3) saat hujan turun."

Begitu pula hadis dari Sahl bin Sa'd, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu'alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua doa yang tidak akan ditolak: (1) doa ketika azan dan (2) doa ketika turunnya hujan."

Berdasarkan kedua hadis tersebut, hujan menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Ketika hujan turun seseorang dianjurkan untuk membaca doa-doa yang baik agar doa tersebut diijabah oleh Allah SWT.

Doa hujan sangat dianjurkan untuk diamalkan, jangan sampai ketika hujan turun, seseorang malah mencela hujan dengan kata-kata yang tidak baik. Melansir dari muslim.or.id dan muslimah.or.id berikut beberapa doa hujan yang dapat diamalkan.

Doa Ketika Hujan Turun

004 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Berdasarkan hadis dari Ummul Mukminin, ‘Aisyah radiyallahu’anha

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ : اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

“Nabi shallallahu’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, Allahumma shoyyiban nafi’an [Ya Allah turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat]”.

Hadis ini berisi tentang anjuran untuk berdoa agar turunnya hujan dapat mendatangkan kebaikan, manfaat, dan keberkahan yang semakin banyak.

Doa Ketika Hujan Lebat

Suatu waktu, Nabi Muhammad SAW pernah meminta turunnya hujan pada Allah. Ketika hujan turun begitu lebat, Nabi Muhammad SAW memohon kepada Allah agar hujan reda dan cuaca kembali cerah. Berikut doa hujan lebat Nabi Muhammad SAW.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiraabi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

“Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari, No. 1014)

Syaikh Shalih As-Sadlan menyebutkan bahwa doa hujan tersebut dapat dibaca ketika hujan semakin lebat atau khawatir hujan tersebut membawa dampak bahaya. (Lihat Dzikru wa Tadzkir, Shalih As-Sadlan, halaman 28, Asy-Syamilah).

Doa Ketika Hujan Disertai Petir

ilustrasi petir

©Pixabay/WKIDESIGN

Ketika Abdullah bin Az-Zubair mendengar petir, pembicaraan dihentikan, dan mengucapkan.

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

“Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga pada malaikat karena takut kepada-Nya."

Doa Ketika Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلْتَ بِهِ

Allahuma innii as’aluka khairahaa wa khairamaa fiihaa wa khairamaa ursilat bih, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarrimaa fiihaa wa syarrimaa ursilat bih.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan tujuan diembuskannya angin ini. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan tujuan diembuskannya angin ini.” (HR. Bukhari, 4:76; Muslim, 2:616)

Doa hujan lebat disertai angin kencang dibaca untuk menghindarkan diri dari bahaya yang dapat dibawanya. Bagaimana pun juga seseorang tidak akan tau bahaya apa yang dapat menimpa dirinya.  

Doa Ketika Hujan Reda

langit mendung di jakarta

©2021 merdeka.com/imam buhori

Hadis yang diriwayatkan dari Zaid bin Khalid Al-Juhaniy radiyallahu‘anhu, menjelaskan bahwa ketika Nabi Muhammad SAW memimpin sholat subuh di Hudaibiyah di malam yang sebelumnya turun hujan. Ketika beliau menghadap jemaah sembari berkata, “Tahukah Kalian, apa yang dikatakan oleh Rabb kalian?” Para sahabat pun menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kalian mengatakan,

أصْبَحَ مِن عِبادِي مُؤْمِنٌ بي وكافِرٌ، فأمَّا مَن قالَ: مُطِرْنا بفَضْلِ اللهِ ورَحْمَتِهِ فَذلكَ مُؤْمِنٌ بي كافِرٌ بالكَوْكَبِ، وأَمَّا مَن قالَ: مُطِرْنا بنَوْءِ كَذا وكَذا فَذلكَ كافِرٌ بي مُؤْمِنٌ بالكَوْكَبِ.

“Pada pagi hari, di antara hamba-Ku ada yang beriman kepada-Ku da nada yang kafir. Siapa yang mengatakan muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih [Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah], maka dialah yang beriman kepada-Ku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan muthirna binnau kadza wa kadza’ [Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.” (HR. Bukhari, No. 846 dan Muslim, No. 71)

Beberapa doa hujan tersebut dapat diamalkan agar hujan cepat mereda, mendatangkan kebaikan, dan menghindarkan dari berbagai bencana yang menyertainya.

(mdk/jen)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Agar Hujan Cepat Reda, Singkat Mudah Dihafalkan
Doa Agar Hujan Cepat Reda, Singkat Mudah Dihafalkan

Hujan dapat mendatangkan berkah dan bahaya atau malapetaka.

Baca Selengkapnya
Doa Hujan Lebat agar Cepat Reda, Amalan Dihindarkan dari Bahaya
Doa Hujan Lebat agar Cepat Reda, Amalan Dihindarkan dari Bahaya

Umat muslim dianjurkan membaca doa saat turun hujan.

Baca Selengkapnya
Doa ketika Hujan yang Diamalkan oleh Rasulullah, Sesuai dengan Syariat
Doa ketika Hujan yang Diamalkan oleh Rasulullah, Sesuai dengan Syariat

Merdeka.com merangkum informasi tentang doa ketika hujan yang diamalkan oleh Rasulullah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Minta Hujan Arab, Latin, dan Artinya
Bacaan Doa Minta Hujan Arab, Latin, dan Artinya

Di kondisi kemarau yang berkepanjangan umat Islam dianjurkan memanjatkan doa minta hujan. Doa minta hujan ini dibaca untuk memohon keberkahan hujan dari Allah.

Baca Selengkapnya
Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan Latin, Mudah Dihafalkan
Doa agar Langit Cerah dan Tidak Hujan Latin, Mudah Dihafalkan

Doa bisa membawa berkah kebaikan, bisa juga sebagai peringatan.

Baca Selengkapnya
Doa Ketika Turun Hujan yang Selalu Diamalkan Rasulullah SAW, Begini Bacaannya Lengkap dengan Artinya
Doa Ketika Turun Hujan yang Selalu Diamalkan Rasulullah SAW, Begini Bacaannya Lengkap dengan Artinya

Untuk umat Islam, tidak ada salahnya meminta pertolongan pada Allah SWT agar senantiasa dilimpahkan rahmat, berkah lewat turunnya hujan.

Baca Selengkapnya
10 Doa Menghadapi Ujian Agar Mendapat Kemudahan dan Kelancaran, Mudah Dihafalkan
10 Doa Menghadapi Ujian Agar Mendapat Kemudahan dan Kelancaran, Mudah Dihafalkan

Ada beberapa bacaan doa menghadapi ujian yang bisa diamalkan.

Baca Selengkapnya
Doa Memohon Diringankan Beban Hidup, Begini Bacaannya dan Jangan Lupa Diamalkan
Doa Memohon Diringankan Beban Hidup, Begini Bacaannya dan Jangan Lupa Diamalkan

Doa memohon diringankan beban hidup bisa diamalkan oleh umat Islam di setiap kesempatannya. Berikut bacaan doanya.

Baca Selengkapnya
Doa Langit Cerah Tidak Hujan, Mohon Perlindungan
Doa Langit Cerah Tidak Hujan, Mohon Perlindungan

Penting untuk menjaga keselamatan dan kesehatan di musim hujan.

Baca Selengkapnya