Cara Merawat Anjing Pudel bagi Pemula, Ketahui Karakternya

Selasa, 28 Juni 2022 17:17 Reporter : Ani Mardatila
Cara Merawat Anjing Pudel bagi Pemula, Ketahui Karakternya Miniature Poodle. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Merdeka.com - Salah satu hal pertama yang perlu diketahui saat memiliki anjing pudel adalah mereka membutuhkan banyak perawatan. Sangat penting untuk membawa anak anjing lucu itu ke groomer lebih awal dan sering.

Saat anak anjing pudel masih kecil, semakin sering dia dirawat, semakin baik. Jika Anda tidak mengekspos anak anjing ke perawatan yang cukup saat ia masih muda, ia mungkin akan menjadi anjing yang sulit untuk dirawat, dan sebagian besar penata rambut dan penata hewan peliharaan akan mengenakan biaya tambahan untuk anjing yang menggigitnya atau membuatnya sulit untuk merawatnya.

Belum lagi, jika anjing akhirnya menggigit groomer, banyak groomer tidak akan menerima mereka kembali sebagai klien. Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum cara merawat anjing pudel bagi pemula yang penting diketahui:

2 dari 3 halaman

Kepribadian Pudel

Nakal, pintar, dan bangga adalah tiga kata yang sering digunakan oleh pemilik pudel untuk menggambarkan hewan peliharaan kesayangannya. Tidak peduli ukurannya, pudel memiliki kepribadian yang besar dan selalu siap berpetualang. 

Mereka menyukai stimulasi mental dan dapat mempelajari daftar trik dan tugas yang tak ada habisnya dengan pelatihan yang tepat. Jika mereka dimanja dan bukannya dilatih, mereka cenderung percaya bahwa mereka adalah "anjing alfa" dari keluarga dan akan berperilaku seperti itu.

Pudel juga sangat penyayang. Mereka menyukai kebersamaan dengan sahabat manusia mereka dan dengan senang hati akan menerima tempat di pangkuan Anda, sofa, tempat tidur, dan di hati Anda. Mereka dapat dilatih untuk menjauh dari sofa dan tempat tidur tentu saja, tetapi mereka mungkin tetap menyelinap ketika Anda tidak di rumah.

Tingkat Energi

Pudel sangat energik dan membutuhkan banyak ruang dan kesempatan untuk berolahraga atau mereka cenderung menjadi bosan dan merusak. Pudel standar tidak bisa menjadi anjing apartemen yang baik kecuali pemiliknya sangat berkomitmen pada latihan intensif dan/atau rutinitas taman anjing. 

Pudel mini dan mainan mungkin lebih baik di ruang apartemen tetapi tetap saja, perlu jalan-jalan dan waktu bermain yang teratur.

Makanan dan Nutrisi Pudel

Pudel akan berkembang biak dengan diet makanan mentah dan alami yang terdiri dari 99% daging/organ/lemak hewan. Meskipun mereka dijinakkan dan tidak terlihat seperti nenek moyang liar mereka, sistem pencernaan mereka masih berfungsi paling baik ketika diberi makan bahan-bahan sederhana yang berasal dari sumber makanan mentah. Makanan mentah juga akan terasa luar biasa bagi pudel Anda.

Makanan mentah tidak berarti Anda harus membawa pulang daging mentah dari toko kelontong. Ada banyak merek makanan anjing mentah yang dikeringkan untuk meminimalkan resiko.

Apa pun yang Anda pilih untuk memberi makan pudel Anda, pastikan untuk menghindari bahan-bahan berikut:

  • Jagung
  • Sirup jagung
  • gluten gandum
  • Semua biji-bijian
  • pewarna makanan
  • BHA
  • BHT
  • MSG
  • Kedelai
  • Nitrat
  • Minyak sayur
3 dari 3 halaman

Perawatan Tubuh Pudel

Sikat hewan peliharaan Anda sekali atau dua kali seminggu, jika rambutnya dipotong pendek. Jika sebagian rambut dibiarkan tumbuh panjang, sikat setiap hari. Juga, bersihkan bagian dalam telinganya dengan bola kapas yang sedikit lembab.

Saat Anda memandikan pudel sendiri, sangat penting untuk membuat pudel sebasah mungkin. Semprotkan ke belakang melawan bulu. Bulu pudel dirancang untuk menahan air, jadi Anda harus memastikan bahwa Anda membasahinya hingga ke kulit jika ingin bulunya bagus dan bersih. Setelah pudel benar-benar basah, segera keramas dia.

Salah satu bagian tersulit dalam merawat pudel Anda sendiri di rumah adalah membuat bulu pudel Anda benar-benar kering. Jika Anda membiarkan pudel Anda mengering di udara, bulunya kemungkinan akan cepat kusut.

Merawat Kesehatan Medis Pudel

Pudel sangat aktif. Jika Anda memilikinya tetapi bukan peternak, anak anjing harus dimandulkan atau dikebiri karena alasan kesehatan jadi mereka tidak akan memiliki anak. Vaksinasi terkini sangat penting.

Mereka perlu mendapatkan vaksin rabies, distemper, parvovirus, dan adenovirus, dan Anda juga harus memilih untuk mendapatkan vaksin untuk melawan flu dan penyakit Lyme. Jika Anda tinggal di daerah ular berbisa, pudel juga harus memiliki vaksin untuk memerangi racun ular berbisa.

Seiring dengan pemberian vaksin, ada perawatan pencegahan yang harus digunakan secara musiman untuk pudel Anda. Obat-obatan untuk menghilangkan kutu, caplak, cacing hati, dan cacing dalam semuanya tersedia untuk dibeli.

Masalah medis dapat bervariasi berdasarkan ukuran dan karakteristik pudel. Beberapa berlaku untuk ketiga ukuran sementara beberapa hanya berlaku untuk satu.

Setiap pudel, berapa pun ukurannya, akan memiliki kebutuhannya sendiri berdasarkan gaya hidup, kepribadian, dan potensi masalah medis. Penting untuk berbicara dengan dokter hewan anjing tentang olahraga dan nutrisi, jadi pilihan didasarkan pada informasi yang baik.

[amd]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sumut
  3. Ragam
  4. Ragam Konten
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini